Indonesia Sapu Bersih Emas Kejuaraan Catur Eastern Asian Junior 2024, Aditya Bagus Arfan Selangkah Lagi jadi GM

Nusantaratv.com - 10 Juli 2024

Pecatur putri Indonesia, Ivana Maria Treopolsa Lasama berhasil meraih emas catur standar perorangan putri di ajang Eastern Asian Junior 2024/Foto: Kristianus Liem
Pecatur putri Indonesia, Ivana Maria Treopolsa Lasama berhasil meraih emas catur standar perorangan putri di ajang Eastern Asian Junior 2024/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Para pecatur putra dan putri Indonesia menyapu bersih medali emas dan perak nomor catur standar Kejuaraan Catur Junior U-20 Asia Timur 2024 yang berlangsung di Kampus Gunadarma Kelapa Dua Tangerang, 3-11 Juli.

Prestasi gemilang tersebut ditorehkan Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan yang berlaga di nomor catur standar kategori Open dan pecatur cantik Ivana Maria Treopolsa Lasama di nomor catur standar perorangan putri. 

Persaingan di kategori Open yang berlangsung 9 babak, sangat ketat. Pada klasemen akhir ada tiga pemain yang sama-sama mengoleksi 7 poin (5 kali menang dan 4 kali remis) yakni Aditya Bagus Arfan, Master Fide (MF) Nayaka Budhidharma dan pecatur Mongolia, MI Amilal Munkhdalai. 

Aditya memastikan merebut emas berkat keunggulan nilai tiebreak 48. 

Medali perak jatuh ke tangan Nayaka Budhidharma yang membukukan nilai tiebreak 47,5. Sementara Amilal Munkhdalai yang menorehkan nilai tiebreak 47 harus puas mendapat perunggu. 

Selain merebut medali emas, Aditya juga memastikan meraih Norma GM (Granda Master) keduanya. Itu berarti Aditya tinggal membutuhkan satu kali norma lagi yaitu norma ketiga untuk menjadi GM Indonesia yang kesembilan.

Menariknya, seperti di kategori Open, kepastian peraih medali emas catur standar perorangan putri juga harus ditentukan dengan penilaian tie break. Pasalnya, ada tiga pecatur yang sama-sama membukukan 7 poin (5 kali menang dan 4 kali remis) yaitu Ivana Maria Treopolsa Lasama, pecatur Indonesia lainnya Master Fide Wanita (MFW) Cecilia Liuviann dan wakil Mongolia, WFM Nanjid Tsogzolmaa.

Ivana memastikan merebut emas karena membukukan nilai tiebreak tertinggi 49. Disusul rekannya Cecillia meraih perak dengan nilai tiebreak 46. Sedangkan Nanjid Tsogzolmaa yang membukukan nilai tiebreak 45,5 mendapat perunggu. 

Tak hanya merebut emas, Ivana juga langsung mendapatkan gelar Master Internasional Wanita (MIW) karena elo ratingnya sudah tembus 2000 (2005) dan tambahan satu Norma GMW (Grand Master Wanita).

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close