Indonesia Pastikan Wakil di Final Tunggal Sportama Asian Tennis 14&U Jakarta

Nusantaratv.com - 21 Maret 2024

Atlet Indonesia lolos ke Final Tunggal Sportama Asian Tennis 14&U Jakarta
Atlet Indonesia lolos ke Final Tunggal Sportama Asian Tennis 14&U Jakarta

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Andalan tuan rumah berhasil melewati babak perempat final nomor tunggal Sportama Asian Tennis 14&U di Jakarta, Kamis 21 Maret 2023.

Unggulan teratas, Johanna Nesya Rose Jaya dan unggulan keenam, Noya Myeisha Nafeeza di sektor putri. Demikian pula seeded pertama, Ethan Jake Frans dan Komang Bagus Wahyu, seeded keempat di kelompok putra.

Mereka akan melakoni duel sesama wakil Indonesia pada semifinal di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jumat (22/3).

Dengan demikian, tuan rumah pun telah memastikan satu tempat di partai final tunggal, baik putra maupun putri 

Laga semi final itu akan menjadi pertemuan ketiga antara Ethan dan Komang di turnamen resmi seri Federasi Tenis Asia (ATF). Komang masih defisit dua kemenangan dari Ethan.

Teranyar, takluk petenis yang belatih di Sukoharjo (Jawa Tengah) itu kalah pada perebutan posisi kelima ajang serupa di Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia, awal tahun ini, 3-5, 2-4.

"Semoga kali ini aku bisa menang, kalah terus juga di level nasional. Aku kerap terburu-buru tiap melawannya. Pas dapet bola susah, aku malah nembak. Sebaliknya, Ethan bermain rapih, dia bisa mengembalikan bola-bola sulit. Jadi, besok aku bakal main rapih dan lebih sabar lagi," tutur Komang, siswa SD Negeri 04 Mulur, Sukoharjo.

Pada perempat final putra, Komang Bagus dan Ethan Jake sama-sama mengandaskan duet ganda mereka. Komang Bagus, belia 12 tahun, mengalahkan kompatriotnya, unggulan kelima, Reavan Rio Suryana, 6-2, 6-0.

Kemenangan ini pun mengimbangi rekor pertemuan mereka usai ia kalah pada akhir tahun lalu, 1-6, 6-1, 4-6.

"Untungnya, aku main bagus hari ini. Aku bisa ngelarin Reavan, maju-mundur, kanan-kiri. Poinku memang banyak datang dari baseline. Dia lagi cukup boros dan sering error pukulannya," tutur Komang, yang mengidolai Roger Federer.

Sementara itu, Ethan Jake, juga 12 tahun, mengatasi unggulan keenam asal Singapura,  Nicholas Min En Pak, 6-1, 6-3. Kemenangan straight set ini pun memberikan semifinal keduanya di ajang ATF.

Pada kesempatan pertamanya, ia takluk di tangan kompatriotnya, Roger Wirawan, di ajang serupa pada akhir tahun lalu, 4-6, 6-3, 4-6.

"Pertandingannya lumayan sulit, ya. En Pak bola-bolanya berat dan susah. Tapi, begitu aku dapet ritme ku, pukulan ku mulai enak dan pede dalam pengembalian. Di tiga gim pertama, aku berusaha membaca permainannya serta mematangkan pukulan. Santai, aku main tanpa beban," tutur Ethan, pemilik satu trofi ganda ATF. 

"Tapi, aku biasanya tegang dulu malam sebelum bertanding. Aku enggak ngapa-ngapain sih soalnya pas pemanasan, biasanya, langsung reda. Paling aku berusaha nginget caraku melawan Komang," tutur murid Life School Jakarta.

Ethan pun masih berkesempatan untuk memperbaiki catatan terbaiknya di nomor tunggal ATF. Di ajang serupa pada akhir tahun lalu, rangking 54 ATF ini berhasil meraih peringkat ketiga setelah menundukkan Reavan, 4-1, 4-0.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close