Imbas Perpanjangan PPKM di Jawa-Bali, Pertandingan Liga 1 Dibatasi

Nusantaratv.com - 01 Februari 2022

Ilustrasi pertandingan Liga 1/ist
Ilustrasi pertandingan Liga 1/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali selama sepekan terhitung mulai 1-7 Februari mendatang.

Kebijakan tersebut juga berdampak pada penyelenggaraan kompetisi sepak bola profesional Liga 1 2021 yang telah memasuki seri keempat. 

Kemendagri menerbitkan aturan teknis terkait gelaran Liga 1 2021  yang tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 31 Januari 2022.

Dalam aturan teknis itu disebutkan Liga 1 dapat menggelar maksimal 9 sembilan setiap minggunya.

Ditegaskan, pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan.

Baca juga: Prilly Latuconsina Minta Restu Wali Kota Arief Wismansyah, Siap Jadi Bos Klub Persikota Tangerang

Uji coba pertandingan Liga 1 dengan penonton juga harus mengikuti beberapa ketentuan. Mulai dari uji coba pertandingan dengan penonton dilakukan satu pertandingan setiap minggunya, jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion, dan hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk di stadion, mengutip CNNIndonesiacom.

Diketahui, seri keempat Liga 1 2021 berlangsung di Bali sejak 5 Januari-20 Februari. Liga 1 pun terkena imbas dari lonjakan kasus covid-19 di Tanah Air.

Sejak pertengahan Januari 2022 lalu beberapa pemain Arema FC yang tidak bisa tampil melawan PSIS Semarang lantaran terpapar covid-19.

Tak hanya Arema FC, sejumlah klub Liga 1 lainnya juga mengabarkan jika para pemainnya terinfeksi covid-19. Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, PSS Sleman, dan Persija Jakarta harus tampil tidak dengan kekuatan terbaik karena ada pemainnya yang terpapar covid-19. 

Kendati ada pembatasan pelaksanaan pertandingan Liga 1, namun Inmendagri Nomor 6 Tahun 2022 mengenai PPKM Jawa-Bali memberikan lampu hijau untuk berlangsungnya International Youth Championship, Liga Futsal Profesional Indonesia, dan Development Basketball League (DBL).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close