Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Berencana Gunakan Wasit Asing di PON 2024

Nusantaratv.com - 26 Februari 2022

Gubsu Edy Rahmayadi sedang memberikan sambutan/ist
Gubsu Edy Rahmayadi sedang memberikan sambutan/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dengan Aceh yang bakal berlangsung pada 2024 mendatang. Ini merupakan PON pertama yang digelar dengan konsep tuan rumah bersama.

Gubernur Sumut berencana mengundang wasit asing untuk memimpin pertandingan selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Wasit-wasit tersebut diharapakan bisa menjadikan pertandingan lebih objektif dan fair dalam pelaksanaan pertandingan.  

"Kami ingin wasit-wasit yang profesional atau bahkan dari luar negeri agar lebih objektif," Edy Rahmayadi, Jumat (25/2/2022).

Namun, mantan Ketua Umum PSSI ini belum menyebutkan berapa jumlah wasit dan jenis cabang olahraga apa yang dipimpin wasit asing selama PON XXI.  

"Saya ingin pelaksanaan event olahraga terbesar di Indonesia itu dengan baik. Bukan hanya venue atau event, transportasi, akomodasi dan kebutuhan lainnya juga dipersiapkan," ucapnya.

Edy mengatakan pelaksanaan PON Sumut bertujuan untuk membangun olahraga Indonesia khususnya di Sumut. Selain itu, pelaksanaan PON Sumut diharapakan bisa memuaskan atlet, offisial dan masyarakat.  

"Kami akan desain sebaik mungkin, kebutuhan event, transportasi, hotel dan lainnya," kata mantan Pangkostrad ini.

Guna menyukseskan perhelatan PON 2024, Sumut telah menyiapkan berbagai aspek yang dibutuhkan. Untuk akomodasi Sumut sudah menyiapkan lima hotel bintang lima di Medan, 15 bintang empat dan 31 bintang tiga. Di luar Kota Medan ada enam hotel bintang lima dan sembilan hotel bintang tiga, yang berlokasi di Berastagi dan Danau Toba. 

Sumut juga sudah mempersiapkan transportasi dan juga fasilitas kesehatan yang cukup.  

"Total ada 12 rumah sakit yang siap untuk mendukung kesuksesan PON Aceh-Sumut," ucapnya.  

Saat ini Pemprov Sumut, telah menyiapkan lahan seluas 300 hektare di Kabupaten Deliserdang untuk pembangunan Sport Centre dan juga venue yang berada di luar Sport Centre. (dari berbagai sumber) 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close