GM Susanto Megaranto dan WCM Cecilia Natalie Liuviann Juara Senior Putra-Putri Japfa Chess Festival ke-13

Nusantaratv.com - 22 Oktober 2023

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto dan Head of Corporate Communication & Social Invesment PT Japfa Comfeed Indonesia, R Artsanti Alif berfoto bersama para juara dan pemenang dwi tarung internasional dan katagori Senior Putra-Putri Japfa Chess Festival ke-13 pada penutupan di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Minggu (22/10/2023)
Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto dan Head of Corporate Communication & Social Invesment PT Japfa Comfeed Indonesia, R Artsanti Alif berfoto bersama para juara dan pemenang dwi tarung internasional dan katagori Senior Putra-Putri Japfa Chess Festival ke-13 pada penutupan di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Minggu (22/10/2023)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Grand Master (GM) Susanto Megaranto dan Kandidat Master Wanita Cecilia Natalie Liuviann tampil sebagai juara katagori Senior Putra-Putri Japfa Chess Festival ke-13 yang berakhir pada Minggu (22/10/2023) di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta. 

Susanto yang membela Jawa Barat menjadi kampiun setelah sukses menorehkan poin tertinggi yakni 8,5 poin dari 9 babak hasil dari 8 kali menang dan satu kali remis. 

Peringkat dua dan tiga juga ditempati oleh dua pecatur Jabar lainnya yaitu 
pecatur senior Master Internasional (MI) Dede Liu yang mengoleksi 7,5 poin. dan MI Irwanto Rck yang mengemas 7 poin. 

Katagori Senior Putra atau Open diikuti sebanyak 150 peserta. 

Sementara Kandidat Master Wanita Cecilia Natalie Liuviann dari DKI Jakarta memastikan diri menjadi juara dengan mengemas 6,5 poin. Disusul Master Fide Wanita (MFW) WFM Samantha Edithso dari Jawa Barat yang juga mengemas 6,5 poin. 

Meski membukukan poin yang sama, namun Cecilia berhak menyandang gelar juara karena unggul dalam penilaian Buchholz atau Solkoff, 47 berbanding 43,5 atas Samantha Edithso.

Peringkat tiga ditempati pecatur asal Kalimantan Timur Master Nasional Wanita (MNW) Eva Juliana Kalimantan Timur yang mengoleksi 6 poin. 

Katagori Senior Putri diikuti 24 peserta. 

Baca juga: Japfa Chess Festival ke-13: Sapu Bersih 7 Kemenangan, GM Susanto Megaranto Kokoh di Puncak Klasemen Sementara Katagori Open

Resmi Ditutup

Japfa Chess Festival ke-13 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, 18-22 Oktober resmi ditutup oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto. 

Utut mengaku senang karena event yang diikuti 472 pecatur ini berjalan lancar dan sukses. Terlebih pecatur putri Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Dewi AA Citra berhasil menjadi pemenang dalam dwi tarung internasional melawan GMW dari Vietnam Nguyen Thi Mai Hung. 

Sebagai bentuk apresiasi terhadap penyelenggaraan Japfa Chess Festival ke-13 yang diinisiasi oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PB Percasi akan mengirim para juara di katagori junior 10 tahun, 12 tahun dan 14 tahun putra-putri ke kejuaraan catur tingkat ASEAN di Laos. 

"Untuk pengiriman dan pembiayaan selama para atlet bertanding dalam kejuaraan ASEAN di Laos akan menjadi tanggungjawab PB Percasi," kata Utut dalam sambutannya sebelum menutup Japfa Chess Festival ke-13. Turut hadir Head of Corporate Communication & Social Invesment PT Japfa Comfeed Indonesia, R Artsanti Alif, Dewan Pembina PB Percasi Rusdi Taher, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Kristianus Liem, Sekretaris Jenderal PB Percasi sekaligus Ketua Panitia Japfa Chess Festival ke-13 Henry Hendratno. 

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Japfa yang tak henti-hentinya selama 23 tahun lebih mendukung pembinaan catur di Indonesia. Terimakasih juga saya sampaikan kepada para orang tua yang selalu mendorong anak-anaknya menggeluti catur. Percayalah, catur adalah lahan yang positif untuk membentuk fundamen yang baik bagi anak-anak kita," ucap Utut. 

"Mudah-mudahan tahun depan Japfa Chess Festival dapat kembali diselenggarakan," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Head of Corporate Communication & Social Invesment PT Japfa Comfeed Indonesia, R Artsanti Alif mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak karena turnamen tahunan ini bisa berjalan lancar.

“Semoga ke depan menjadi peluang buat pecatur muda semakin berprestasi,” ujar Artsanti.

Japfa Chess Festival merupakan event dua tahunan hasil kerjasama PB Percasi dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Pada gelaran tahun ini ada 13 katagori yang dipertandingkan. Mulai dari katagori junior putra-putri, senior putra-putri, veteran 55 tahun ke atas, antar perusahaan atau instansi, antar wasit dan panitia, antar wartawan hingga dua dwi tarung internasional secara offline dan online yang mempertemukan dua pecatur putri Indonesia yaitu GMW Dewi AA Citra dan Theodora Walukow. 

GMW Dewi AA Citra berhasil mengalahkan lawannya GMW Nguyen Thi Mai Hung dalam laga catur standar 6 babak dengan skor akhir 3,5-2,5. Sedangkan Theodora Walukow kalah atas lawannya GMW dari Filipina Janelle Mae Frayna dengan skor 2,5-5,5 dalam dwi tarung catur kilat 2 babak dan catur cepat (rapid) 6 babak secara online.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close