GM Novendra Priasmoro Ranking Tiga di Turnamen Catur Penang Open 2023

Nusantaratv.com - 24 Desember 2023

Keterangan foto: GM Novendra Priasmoro (ketiga kanan)dan MI Aditya Bagus Arfan (kedua kanan) bersama para pemenang lainnya  MI Oleg Badmatsyrenov (Rusia), MF Yu Tian Poh (Malaysia), Ivan Travis Cu (Filipina) dan Direktur Turnamen sekaligus Ketua Umum Persatuan Catur Penang, See Swee Sie/Foto: Kristianus Liem.
Keterangan foto: GM Novendra Priasmoro (ketiga kanan)dan MI Aditya Bagus Arfan (kedua kanan) bersama para pemenang lainnya  MI Oleg Badmatsyrenov (Rusia), MF Yu Tian Poh (Malaysia), Ivan Travis Cu (Filipina) dan Direktur Turnamen sekaligus Ketua Umum Persatuan Catur Penang, See Swee Sie/Foto: Kristianus Liem.

Penulis: Ramses Manurung

 

Nusantaratv.com-Pecatur putra Indonesia Grand Master (GM) Novendra Priasmoro berhasil menduduki peringkat tiga di turnamen catur internasional Penang Open 2023, Malaysia. 

Prestasi tersebut diraih usai bermain remis lawan rekannya Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan pada babak terakhir atau babak 9, Sabtu (23/12/2023). Tambahan 0,5 poin dari laga ini membuat Novendra mengemas 7,5 poin dan harus finis di peringkat tiga. 

Novendra yang berstatus juara bertahan sebenarnya berpeluang besar mempertahankan gelarnya. Karena sampai dengan babak ke-8 Novendra (2499) mendominasi puncak klasemen dengan 7 poin. Unggul 0,5 poin dari tiga pecatur yang menempel ketat di urutan 2-4 yang mengemas 6,5 poin termasuk rekan satu timnya dari United Tractors MI Aditya Bagus Arfan (2404).

Namun sayang, Novendra dan Aditya harus saling berhadapan di babak terakhir, Sabtu (23/12/2023). Begitu juga dengan saingan lainnya MI Oleg Badmatsyrenov harus menjalani 'perang saudara' lawan rekan senegaranya MI Pavel Shkapenko dari Rusia. 

Hasil pairing tersebut tampaknya membuat Novendra dalam posisi dilematis karena tak tega kalau mengalahkan Aditya. 

"Saya tidak suka dengan pairingnya," kata Novendra sebelum laga lawan Aditya di babak terakhir dimulai, dalam rilis yang dikirimkan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem, Minggu (24/12/2023). 

"Saya tidak tega mengalahkan Adit, kasihan nanti ratingnya turun," imbuhnya.

Baca juga: Kado Tahun Baru dari PB Percasi untuk Indonesia, Persembahkan Empat Gelar Juara Bergengsi di Bulan Desember 2023 

Alhasil laga Novendra kontra Aditya berlangsung tanpa 'api'. Remis singkat. 

Sialnya, dua pesaingnya yang selisih 0,5 poin menang semua dan memiliki nilai tie-break Solkoff yang lebih baik. Akibatnya,  Novendra terlempar ke urutan 3. 

Gelar juara akhirnya direbut MI Oleg Badmatsyrenov (2398) kemudian posisi runner up diduduki wakil tuan rumah Malaysia, Yu Tian Poh yang membukukan nilai sama dengan Novendra yakni 7,5 poin. Sementara Aditya menempati peringkat empat dengan 7 poin. 

Sebagai ranking tiga Novendra berhak atas hadiah sebesar 3000 Ringgit Malaysia (RM). Aditya mendapat 2000RM sedangkan juaranya 5000RM. Novendra dan Aditya juga mendapat tambahan elo rating masing-masing 3,8 dan 3 poin. 

17 Pecatur Indonesia

Selain Novendra Priasmoro dan Aditya Bagus Arfan ada 15 pecatur lainnya dari Indonesia yang meramaikan Penang Open 2023 di Malaysia. 

Meski tergolong veterang MI Ronny Gunawan masih mampu bersaing dan menembus 10 besar. Ronny menempati peringkat 7 dengan 6,5 poin. Kemudian MI Anjas Novita peringkat 16 dengan 6 poin, MI Pitra Andika peringkat 18 dengan 5,5 poin dan MI Dede Liu peringkat 55 dengan 4 poin.

Penang Open 2023 diikuti 98 peserta dari 13 negara. Selain Open ada nomor Challenger, Beregu, Age Group dan lain-lain. Event ini diselenggarakan oleh St Xavier's Institution yang berdiri sejak tahun1852 atau telah berusia 171 tahun.


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close