Fun Run Melbourne 2024 Sukses Meriahkan HUT RI ke-79

Nusantaratv.com - 13 Agustus 2024

Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso memberikan sambutan jelang Fun Run Melbourne 2024 dalam rangka HUT ke-79 di Australia/Foto: Istimewa
Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso memberikan sambutan jelang Fun Run Melbourne 2024 dalam rangka HUT ke-79 di Australia/Foto: Istimewa

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-79, Indo-Melbourne Fun Run (IMFR) berkolaborasi bersama KJRI Melbourne dengan sukses telah menyelenggarakan acara Fun Run Melbourne 2024 di Albert Park, jalur danau yang digunakan sebagai circuit Formula 1. 

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 180 peserta ini terdiri dari dua kategori, yakni 5K dan 10K. 

Antusiasme yang luar biasa dari banyaknya pelari non-peserta yang langsung bergabung di lokasi, membuat jumlah peserta yang hadir di lokasi hampir dua kali lipat dari jumlah yang terdaftar, dengan berbagai kelompok usia dan latar belakang, mulai dari WNI, diaspora Indonesia, hingga warga lokal Australia.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso, yang mengapresiasi inisiatif panitia dan semangat para peserta. 

Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso mengangkat bendera start tanda dimulainya Fun Run Melbourne 2024 dalam rangka HUT ke-79 RI di Australia/Foto: Istimewa

"Saya bangga melihat begitu banyak masyarakat yang turut serta, bangun pagi dan bersemangat merayakan HUT RI ke-79. Ini adalah bukti nyata bahwa semangat kebersamaan dan cinta tanah air tetap membara, bahkan di perantauan," ujar Kuncoro.

Peserta Fun Run juga mendapat bantuan dari para pacer yang bertugas menjaga ritme lari, meski para peserta tetap diizinkan untuk mendahului sesuai kemampuan masing-masing. Joao Neeson, salah satu peserta asal Australia, mengungkapkan kegembiraannya, “Saya sangat bangga dan senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Selain lari, saya juga menikmati hiburan yang ada, seru sekali bisa menari-nari bersama!”

Kegiatan ini semakin meriah dengan penampilan dari kelompok musik "Bhinneka Nge-Jam", yang terdiri dari para musisi yang sering berkumpul di KJRI Melbourne. Mereka membawakan berbagai lagu yang membuat para penonton yang masih berkumpul di halaman depan KJRI ikut bernyanyi dan berdansa ria.

Sejumlah warga Australia turut berpartisipasi memeriahkan Fun Run Melbourne 2024 dalam rangka HUT ke-79 RI/Foto: Istimewa 

Tak ketinggalan, Mas Jono dari Komunitas Aneka Ria Melbourne (ARM) juga turut memeriahkan suasana dengan penampilan suara khasnya.

Acara Fun Run diakhiri dengan pembagian hadiah dan voucher bagi para pemenang dari masing-masing kategori. 

Hadiah-hadiah tersebut merupakan kontribusi dari berbagai sponsor yang mendukung acara ini, seperti Pertamina Mandalika International Circuit, Garuda Indonesia, Puriyfic AU, Garam Merica Melbourne, Selero Kito, ICAV, Depenyet de Cendol & Martabak Pecenongan 78, YOI Indonesian Fusion Restaurant, dan Therapy Zone. 

Para WNI di Australia antusias mengikuti Fun Run Melbourne 2024 dalam rangka HUT ke-79/Foto: Istimewa 

Salah satu panitia acara Razan Bahri mengungkapkan, "Kami sangat gembira melihat dukungan luar biasa dari berbagai komunitas Indonesia dan juga para sponsor yang tertarik mendukung kegiatan seperti ini. Ini menunjukkan betapa kuatnya ikatan kebersamaan kita di Melbourne."

Selain Fun Run, sejumlah kegiatan kolaborasi lainnya juga diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI ke-79. 

Di antaranya adalah Lomba Badminton berkolaborasi dengan BAIK, Tenis Meja dan Gaple berkolaborasi dengan ICM, Dodgeball berkolaborasi dengan LPDP Unimelb, Lomba Golf berkolaborasi dengan VIGA, serta Lomba Mobile Legend yang menarik minat banyak anak muda, berkolaborasi dengan LPDP Monash.

Konsul Jenderal RI di Melbourne, Kuncoro Waseso bersama para pemenang Fun Run Melbourne 2024 dalam rangka HUT ke-79 RI/Istimewa

Pemenang dari semua lomba tersebut akan menerima medali yang akan dibagikan pada Upacara HUT RI ke-79 di Melbourne pada tanggal 17 Agustus 2024, yang akan dimulai pukul 09.00 pagi. Maximillian Zucchi, salah satu peserta Fun Run, menyatakan antusiasmenya untuk hadir pada upacara tersebut. "Saya sangat tertarik untuk hadir dan merasakan langsung momen sakral Upacara HUT RI di sini," katanya.

Pada sore harinya, pukul 16.00, akan diadakan pengibaran bendera di Federation Square sebagai salah satu rangkaian perayaan hari kemerdekaan, dan kemudian sebagai penutup pada tanggal 24 Agustus 2024 akan diselenggarakan kegiatan Fun Bike yang merupakan kegiatan kolaborasi dengan komunitas Melbourne Indonesia Cycling Community (MICC).

Kebanggaan pun dirasakan oleh seluruh komunitas Indonesia di Melbourne yang bersama-sama saling mendukung dan berkolaborasi untuk memeriahkan HUT RI ke-79. Semangat kebersamaan ini menjadi cerminan dari jiwa gotong royong yang telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

 

 

 


 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close