Evaluasi Penting untuk Bangkit di Laga Terakhir

Nusantaratv.com - 28 Juni 2022

Laga Bali United vs Visakha FC
Laga Bali United vs Visakha FC

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pertandingan kedua fase grup AFC Cup 2022 yang mempertemukan Bali United dengan Visakha FC kemarin (27/6) berakhir mengecewakan.

Pada laga yang berakhir dengan skor 5-2 untuk keunggulan skuad Blue Horse –julukan Visakha FC– tersebut memberi pelajaran berharga bagi Serdadu Tridatu.

Meskipun mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-9 berkat gol Irfan Jaya serta menguasai jalannya pertandingan, tetapi malah Visakha FC yang mampu keluar sebagai pemenang.

Sejumlah catatan penting pun harus segera dibenahi oleh jajaran pelatih Bali United jelang melakoni laga terakhir di grup G menghadapi Kaya FC Iloilo pada 30 Juni mendatang.

Menilik catatan statistik, Nadeo Argawinata dan kolega sejatinya lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan 59% penguasaan bola berbanding 41% milik sang lawan. Bali United juga mencatat 15 tembakan tetapi hanya enam yang tepat mengarah ke gawang Visakha FC yang dikawal Keo Soksela.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Serdadu Tridatu bermain tidak cukup efektif. Berbanding terbalik dengan skuad Blue Horse yang menembak 18 kali dan 9 di antaranya tepat ke gawang Nadeo Argawinata.

Sementara itu, koordinasi antarlini juga kurang baik sehingga mampu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh anak asuh Meas Channa. Lima gol yang dicetak oleh pemain Visakha FC menjadi alarm agar Bali United dapat segera memperbaiki organisasi permainannya.

Hal tersebut berbanding terbalik jika dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya saat melawan Kedah Darul Aman FC (24/6). Pada laga tersebut, Bali United bermain rapi dan sukses menang 2-1.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra pun menyadari hal tersebut dan berjanji akan memperbaiki semuanya sehingga Serdadu Tridatu mampu tampil lebih baik di laga ketiga melawan Kaya FC Iloilo.

Kemenangan atas Kaya FC tentu akan menjaga peluang Irfan Jaya dan kolega lolos ke semifinal zona ASEAN. Walaupun tidak mudah, pelatih asal Brasil tersebut tetap optimis.

“Saya tahu situasi saat kami kalah dengan banyak gol tidaklah mudah untuk lolos dari grup. Namun, seperti yang sudah saya katakan, bahwa kami masih memiliki satu pertandingan sehingga harus melihat pemain yang memiliki kondisi fisik lebih prima untuk bermain di pertandingan terakhir agar kami mempunyai tenaga lebih dari hari ini. Sangat berbeda ketika bermain lebih bugar saat melawan Kedah sehingga kami bermain bagus, memiliki intensitas dan marking, serta menguasai bola. Namun hari ini (kemarin), hal itu tidak ada. Mungkin karena faktor kondisi fisik dari pemain yang kurang bugar, serta ketika kehilangan organisasi permainan kami banyak kebobolan. Masih ada kesempatan untuk lolos, maka dari itu kami harus bekerja keras di pertandingan terakhir,” jelas Coach Teco.

Selepas pertandingan ini, pimpinan klasemen sementara grup G diambil alih oleh Visakha FC dengan enam poin diikuti Bali United di posisi kedua dengan tiga angka. Sementara itu posisi ketiga dihuni oleh Kedah FC yang mendapat poin penuh usai menang 4-1 atas Kaya FC.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close