Drama Overtime Tersaji di Laga RANS vs Hawks

Nusantaratv.com - 10 Juni 2023

Laga RANS PIK vs Tangerang Hawks
Laga RANS PIK vs Tangerang Hawks

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Hari ketujuh gelaran IBL 2023 dibuka dengan laga antara RANS PIK Basketball melawan Tangerang Hawks Basketball Club, di C-Tra Arena, Bandung, Sabtu (10/06/2023).

Pertandingan berjalan sengit sejak tip-off. RANS baru bisa lepas dari kawalan Hawks di kuarter kedua. Mereka unggul sembilan poin (45-36) saat turun minum. 

RANS kali ini turun dengan kekuatan terbaiknya. Pemain inti seperti Oki Wira Sanjaya, Januar Kuntara, Agus Salim, kapten tim Althof Dwira Satrio dan pemain asing Akeem Ellis yang menjadi starter setelah bergabung dengan RANS.

Sebaliknya, Hawks turun dengan starter Danny Ray, Winston Swenjaya, Teddy Apriyana Romadonsyah, pemain asing Anthony Allen Jr., dan kapten tim Rizky Effendy. 

Hawks memulai laga dengan leading 11-5. Kemudian RANS running 9-0 untuk membalikkan keadaan jadi 14-11. Sempat terjadi pergantian keunggulan.

Namun akhirnya RANS unggul 25-19 setelah Akeem Scott dan Januar Kuntara menambahkan tiga angka untuk RANS. Tidak ada perbedaan yang mencolok dari statistik kedua tim selama kuarter pertama.

Lanjut ke kuarter kedua, penguasaan paint area RANS lebih baik. Mereka bisa menambahkan 20 poin selama kuarter kedua.

Hawks tetap menempel ketat RANS, namun kali ini mereka tertinggal sembilan angka (36-45) saat jeda pertandingan. Akeem Ellis dan Valentino Wuwungan yang punya kontribusi poin cukup banyak di kuarter kedua.

Pertandingan RANS PIK Basketball melawan Tangerang Hawks Basketball Club tidak bisa diselesaikan dengan waktu normal.

Sebab, setelah satu free throw dari Alfredo Tanujaya Julianto, skor sama kuat tercipta (79-79). Sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. 

Tentu saja di luar dugaan penonton, bahkan mungkin para pemain RANS. Karena Hawks tampil lebih agresif di kuarter ketiga. Mereka mampu memangkas ketertinggalan dari 12 angka menjadi dua angka saja di akhir kuarter ketiga. Hawks mendekat 61-63.

Hawks membuat jauh lebih banyak attempt di kuarter ketiga ketimbang RANS. Setidaknya ada dua three point yang membuat poin mereka lebih banyak. 

Memasuki kuarter keempat, Hawks butuh satu menit saja untuk menyamai perolehan poin RANS (65-65). Setelah itu, terjadi jual beli serangan yang diikuti pergantian memimpin jalannya pertandingan.

Ketegangan terjadi di sisa satu menit. Hawks justru berbalik unggul setelah aksi heroik dari Tyron Criswell. Sayangnya di detik-detik terakhir Anthony Allen melanggar Alfredo Julianto, sekaligus mengirimnya ke garis free throw. 

Alfredo awalnya gagal memasukkan kesempatan pertama. Kemudian dia bisa memaksimalkan kesempatan kedua untuk menyamakan kedudukan (79-79).

Sementara upaya terakhir dari Tyron Criswell gagal, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak overtime. Faktanya ini merupakan overtime ke-12 di sepanjang musim 2023.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close