DKI Jakarta Sapu Bersih Medali Emas Catur Kilat Perorangan-Beregu PON 2024

Nusantaratv.com - 11 September 2024

Pecatur putra DKI Jakarta GM Novendra Priasmoro saat upacara penghormatan pemenang catur kilat perorangan PON 2024/ist
Pecatur putra DKI Jakarta GM Novendra Priasmoro saat upacara penghormatan pemenang catur kilat perorangan PON 2024/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kontingen DKI Jakarta menyapu bersih medali emas catur kilat PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berakhir Rabu (11/9/2024) di Mickey Holiday, Berastagi, Sumut.

Jakarta merebut semua medali emas di empat nomor catur kilat (3 menit plus increament 2 detik) yang dipertandingkan. 

Di nomor perorangan putra, DKI Jakarta meraih emas melalui Grand Master (GM) Novendra Priasmoro yang membukukan 7,5 poin. Medali perak diraih Master Fide (MF) Arif Abdul Hafiz dari Jawa Barat dengan 6,5 poin. Sementara perunggu diraih Kandidat Master Muhammad Kamalsyah dari Kalbar dengan 6 poin. 

Master Internasional Wanita (MIW) Ummi Fisabilillah melengkapi sukses Jakarta dengan menyabet emas di nomor perorangan putri dengan 8 poin. Sedangkan Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Irene Kharisma yang mengemas 6 poin harus puas mendapat perak. Perunggu di nomor ini diraih MIW Chelsie M Sihite dari Kaltim dengan 6 poin. 

Dominasi DKI Jakarta berlanjut di beregu putra.

Diperkuat Master Fide (MF) Masruri Rahman, Master Internasional (MI) Azarya Jodi Setyaki, MI Gilbert Elroy Tarigan dan MI Aditya Bagus Arfan, DKI Jakarta merebut medali emas setelah mengumpulkan poin tertinggi 17 MP. Medali perak diraih Gorontalo dengan 15 MP dan medali perunggu diraih Banten yang juga meraih 15 MP.

Sementara Jawa Barat yang diperkuat para pecatur top nasional seperti MI Muhammad Lutfi Ali, MI Farid Firmansyah, MI Anjas Novita dan MF Anjas Novita gagal meraih medali dan tercecer di urutan kelima mengemas 10 MP. 

DKI Jakarta memastikan sapu bersih emas catur kilat ini setelah mereka juga menjadi yang terbaik di beregu putri. 

Menurunkan MIW Cecilia Natalie Liuviann, MCW Theodora Paulina Walukow, MFW Christine Elisabeth dan MIW Laysa Latifah DKI sukses menorehkan poin tertinggi 17 MP, disusul Jawa Barat yang meraih perak dengan 16 MP dan Jawa Tengah meraih perunggu dengan 14 MP. 

Setelah merampungkan pertandingan di nomor catur kilat perorangan-beregu putra-putri yang memperebutkan empat medali emas. Pertandingan cabor catur di PON 2024 yang berlangsung di Mickey Holiday, Berastagi, Sumut dilanjutkan dengan perebutan empat medali emas di nomor catur cepat (15 menit plus increament 10 detik) perorangan-beregu putra-putri. Sama seperti di catur kilat pertandingan catur cepat yang dimulai besok, Kamis (12/9/2024) akan berlangsung selama 9 babak. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close