Ditolak Tampil di Olimpiade Paris 2024, Manny Pacquiao: Keinginan Saya Meraih Medali Emas

Nusantaratv.com - 19 Februari 2024

Legenda tinju Filipina Manny Pacquiao. (Reuters)
Legenda tinju Filipina Manny Pacquiao. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) menolak Manny Pacquiao tampil di Olimpiade 2024 Paris, Prancis, pada 26 Juli hingga 11 Agustus. 

Hal itu diumumkan Presiden Komite Olimpiade Filipina, Abraham Tolentino, dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Rappler, Senin (19/2/2024).

Kendati Filipina telah mengajukan permohonan khusus kepada IOC untuk mengizinkan Pacquiao, yang kini berusia 45 itu, agar bisa mengikuti kompetisi di Olimpiade, namun aturan batas usia petinju Olimpiade yakni 40 tahun menjadi kendala.  

"Sayang sekali ikon tinju kesayangan kita tak diizinkan karena usianya, di mana setiap orang harus melalui kualifikasi, di seluruh cabang olahraga agar bisa berpartisipasi di Paris," ujar Tolentino dalam pernyataannya.

Legenda tinju Filipina Manny Pacquiao. (Philstar)

Pacquiao, yang pensiun dari tinju profesional pada 2021 sempat aktif di dunia politik. Dia maju dalam pemilihan presiden Filipina pada 2021, namun akhirnya dikalahkan oleh Bombong Marcos.

Pacquiao mengajukan permohonan untuk menjadi bagian dari Olimpiade, meskipun belum pernah berkompetisi dalam ajang tersebut sebelumnya. Dia menyatakan usianya yang saat ini 45 tahun bukanlah halangan baginya untuk bersaing dengan petinju yang lebih muda.

"Dari awal saya ke Manila untuk menjadi bagian tim Filipina, tapi saya tidak dipilih, saya ditolak karena mereka bilang saya tidak bagus," imbuh Pacquiao.

"Hati dan keinginan saya adalah meraih medali emas di Olimpiade," tukas legenda tinju Filipina itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close