Diserang Covid-19, Laga Persipura vs MU Ditunda 

Nusantaratv.com - 01 Februari 2022

Logo PSSI
Logo PSSI

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Laga antara Madura United dan Persipura Jayapura dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2021/2022 yang sedianya akan digelar hari ini di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, ditunda.

Hal itu disebabkan sebanyak 19 pemain plus ofisial Madura United positif covid-19, sehingga total ada 24.

Pada Minggu (31/1) malam, Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi dan pihak PT Liga Indonesia Baru langsung mengadakan rapat darurat. Rapat kemudian dilanjutkan hingga Senin (1/2) pukul 09.00 WIB.

Sebelum rapat darurat, waketum, sekjen dan Dirut LIB Ahmad Hadian Lukita melaporkan persoalan ini ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Hasilnya karena Madura United kehilangan hampir 80% pemainnya dan merujuk kepada regulasi BRI Liga 1 2021/2022 Pasal 52 terkait hasil tes covid-19 dan eligibilitas, pertandingan bisa ditunda.

Selain itu pada Ayat 5: Jika ada pemain dan/atau ofisial yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan karena kasus covid-19 yang terkonfirmasi oleh Satuan Tugas Covid-19, klub diminta untuk mendatangkan bila ada pemain standby di kota domisili/lainnya yang telah terdaftar dari 35 pemain yang didaftarkan.

Itu dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pertandingan tetap dapat dijalankan sesuai jadwal. (Prosedur pengesahan pemain tetap sama).

Sedangkan Ayat 6: Untuk menghindari keraguan, keberadaan kasus covid-19 yang dikonfirmasi untuk Individu mana pun tidak akan berdampak pada penjadwalan Pertandingan. Hanya individu tersebut yang tidak diizinkan bertanding dan mendapat penanganan Satgas Covid-19. Sedangkan Pertandingan tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Ayat 7: Dalam keadaan luar biasa, di mana setelah swab tes rapid antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain (termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang), maka LIB dan PSSI segera menggelar rapat darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap Keputusan bersifat final.

Menurut Sekjen PSSI Yunus Nusi dari referensi regulasi tersebut, LIB sudah melakukan rapat internal dan selanjutnya dilakukan emergency meeting dengan Waketum dan Sekjen PSSI.

Maka, keputusan dan Langkah yang diambil adalah:

1. LIB tetap akan melakukan tes PCR ulang pada tgl 1 Februari pagi kepada seluruh pemain dan ofisial Madura United yang positif.

2. LIB akan menggelar rapat darurat dengan Madura United dan Persipura pada Selasa, 1 Februari, pukul 09:00 WIB.

3. Sebelumnya, LIB berkomunikasi dengan Madura United, berdasarkan Pasal 52 ayat 5 di atas, maka kita komunikasi terkait kemungkinan mendatangkan pemain lain di luar yang ada di Bali.
Namun, dari jawaban lisan disampaikan bahwa waktu terlalu singkat dan hal tersebut tidak mungkin dilakukan di pertandingan besok.

4. Maka, ada 2 opsi keputusan tergantung pada hasil tes PCR ulang pada tgl 1 Februari pagi : (1) pertandingan akan kita tunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan, dengan beberapa konsekuensi logis yang akan disampaikan, seperti ending Kompetisi akan lewat dari bulan Maret 2022. (2) Jika hasil tes PCR menunjukkan hasil ada pemain minimal 14 (termasuk penjaga gawang), makan pertandingan akan dilaksanakan.

5. Seluruh prosedur ini dilakukan sesuai regulasi, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada klub peserta lain, maupun publik.

“Setelah kami melaporkan ke Ketua Umum PSSI, akhirnya diambil kesimpulan Madura United dan Persipura sepakat pertandingan ditunda demi memutus rantai covid. Pertandingan tunda akan dijadwalkan dan diinfo sesegera mungkin,’’ jelas Yunus Nusi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])