Diperkuat Pecatur Pelatnas, Indonesia Gondol 2 Emas di Hari Pertama 21st Asean University Games 2024

Nusantaratv.com - 27 Juni 2024

Tim Catur Mahasiswa Indonesia bersama pelatih dan ofisial di ajang 21st Asean University Games 2024/ist
Tim Catur Mahasiswa Indonesia bersama pelatih dan ofisial di ajang 21st Asean University Games 2024/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tim Catur Indonesia yang diperkuat para pecatur pelatnas sukses merebut 2 medali emas dan 3 perak pada hari pertama, Kamis (27/6/2024) pertandingan cabang olahraga catur di ajang 21st Asean University Games 2024 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Emas pertama dipersembahkan oleh Master Internasional (MI) Azarya Jodi Setyaki dari Universitas Gajah Mada di nomor catur kilat perorangan putra. Sukses Perak di nomor ini diraih pecatur Indonesia lainnya, Dziththauly Ramadhan dari Universitas Gunadarma.

Bahkan peringkat ketiga di nomor ini juga ditempati pecatur Indonesia yakni MI Gilbert Elroy Tarigan dari Universitas Gunadarma. 

"Namun peraturan pertandingan yang ditetapkan oleh ASEAN University Sports Council (AUSC) hanya memperbolehkan satu negara peserta memperoleh maksimal dua medali di satu nomor pertandingan, sehingga medali perunggu Catur Kilat Perorangan Putra harus dioper ke peringkat berikutnya," kata Henry Hendratno selaku ofisial Tim Catur Indonesia di 21st Asean University Games 2024.

"Uniknya, peringkat berikutnya (peringkat ke-4) juga ditempati oleh pecatur Indonesia atas nama George Lamia dari Universitas Sam Ratulangi Manado, sehingga harus dioper lagi ke peringkat ke-5 yang ditempati oleh pecatur Malaysia Lye Lik Zang," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PB Percasi itu. 

Emas kedua diraih Tim Catur Indonesia dari nomor Catur Kilat Beregu Putra.

Sementara tiga medali perak masing-masing dipersembahkan oleh Dziththauly Ramadhan dari Universitas Gunadarma dari Catur Kilat Perorangan Putra, Master Internasional Wanita (MIW) Laysa Latifah dari Universitas Negeri Jakarta di nomor Catur Kilat Perorangan Putri dan Tim Catur Kilat Beregu Putri. 

Raihan emas Indonesia ditempel ketat Vietnam yang juga sukses menggondol dua emas. Satu emas dari Catur Kilat Perorangan Putri oleh WIM Nguyen Hong Anh dan satu emas lainnya dipersembahkan Tim Catur Kilat Beregu Putri. 

Namun dipastikan di nomor catur kilat, Indonesia tampil sebagai Juara Umum dengan 2 emas dan 3 perak, disusul Vietnam dengan 2 emas dan 1 perak serta Malaysia dengan 1 perak dan 2 perunggu. 

Setelah merampungkan pertandingan di nomor Catur Kilat Perorangan dan Beregu Putra-Putra, pertandingan catur di 21st Asean University Games 2024 di Surabaya dilanjutkan dengan pertandingan Catur Cepat Perorangan dan Beregu Putra Putri. 

Pertandingan menggunakan sistem pertandingan Swiss 7 Babak, sisa 3 babak akan dilanjutkan besok hari Jumat 28 Juni 2024. 

Pertandingan catur di 21st Asean University Games 2024 diikuti enam negara yaitu Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Filipina, Singapura, Timor Leste dan Vietnam.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close