Diajeng Teresa Singgih Raih Hasil Sempurna di Tiga Babak Awal Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 Kinabalu

Nusantaratv.com - 04 Desember 2023

MFW Diajeng Teresa Singgih/Foto: Kristianus Liem
MFW Diajeng Teresa Singgih/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pecatur putri Indonesia Master Fide Wanita (MFW) Diajeng Teresa Singgih berhasil meraih hasil sempurna di tiga babak awal Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 yang berlangsung di Kinabalu, Malaysia. 

Setelah mencetak kemenangan di babak pertama, Diajeng yang merupakan adik dari pecatur nasional Master Internasional (MI) Irene Kharisma Sukandar berhasil mendulang poin penuh pada babak ke-2 dan ke-3, Minggu (3/12/2023). 

Di babak kedua yang dimainkan pagi hari ini, Diajeng mengalahkan pecatur China Ha Yihan (1676). Kemudian di babak ketiga yang berlangsung sore hari ia menaklukkan wakil Korea Selatan MFW Park Sunwoo (1760).

Tambahan dua poin dari dua laga yang dimainkan membawa Diajeng menduduki urutan kedua pada klasemen sementara kelompok Putri dengan 3 poin. Puncak klasemen dikuasai unggulan utama dari Mongolia, WFM Boldbaatar Altantuya (2115) yang juga mengoleksi 3 poin. 

Diajeng menjadi satu-satunya dari lima pecatur Indonesia yang mengikuti ajang ini yang berhasil mengemas poin penuh atau 3 poin dari tiga babak yang sudah dilakoni. 

Sementara dua rekan Diajeng yang bertanding di kelompok putri yakni MFW Samantha Edithso dan Kandidat Master Wanita Cecilia Natalie Liuviann telah kehilangan poin. 

Samantha kalah atas MFW Park Sunwoo; sedangkan Cecilia Natalie Liuviann kalah dari unggulan pertama MFW Boldbaatar Altantuya (2115) dari Mongolia.

Cecilia Natalie Liuviann dan Samantha yang sama-sama mengemas 2 poin menempati urutan 6 dan 7 dari total 21 peserta. 

Bersama Cecilia dan Samantha ada enam pecatur lainnya di urutan 3 sampai 10 yang sama-sama mengemas 2 poin.

Hal yang sama juga dialami dua pecatur putra yang turun di kelompok Open yakni Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan. 

Usai mengalahkan Chong Hao Ern (1764) dari Malaysia di babak kedua, Aditya ditahan remis Ivan Travis Cu (1909) dari Filipina di babak ketiga. 

Sementara Kandidat Master Fabian Glen Mariano kalah dari unggulan pertama IM Daniel Quizon (2415) dari Filipina.

Dengan hasil ini Aditya menempati urutan ke-6 pada klasemen sementara dengan 2,5 poin. Diikuti Fabian Glen Mariano dengan 2 poin di urutan ke-8 dari 38 peserta. 

Posisi teratas klasemen sementara kelompok Open diduduki 

MI Daniel Quizon dan Master Fide dari Mongolia, Munkhdalai Amilal yang sama-sama mengemas 3 poin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close