Diajeng Teresa Singgih Kuasai Puncak Klasemen usai Raih Dua Kemenangan di Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 Kinabalu

Nusantaratv.com - 06 Desember 2023

MFW Diajeng Teresa Singgih (kanan) vs wakil tuan rumah Malaysia, Kandidat Master Wanita Chia Jia-Tien/Foto: Kristianus Liem
MFW Diajeng Teresa Singgih (kanan) vs wakil tuan rumah Malaysia, Kandidat Master Wanita Chia Jia-Tien/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur putri Indonesia Master Fide Wanita (MFW) Diajeng Teresa Singgih berhasil mengambilalih pimpinan klasemen sementara usai meraih dua kemenangan di babak ke-5 dan ke-6 Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kinabalu, Sabah, Malaysia. 

Kemenangan pertama diraih Diajeng dengan mengalahkan pecatur Filipina, Ruelle Canino (1816) di babak ke-5, yang berlangsung Selasa (5/12/2023) pagi. Dilanjutkan dengan kemenangan kedua di babak ke-6 yang dimainkan sore hari atas wakil tuan rumah Malaysia, Kandidat Master Wanita 
Chia Jia-Tien (1858).

Tambahan 2 poin dari laga pada hari ini membawa Diajeng mengambilalih pimpinan klasemen sementara Kelompok Putri yang sebelumnya dikuasai unggulan utama dari Mongolia, MFW Boldbaatar Altantuya (2115). Diajeng memimpin sendirian dengan 5,5 poin hasil dari lima kali menang dan satu kali remis.

Sementara dua rekannya yakni Kandidat Master Wanita Cecilia Natalie Liuviann berhasil menambah 1,5 poin dan MFW Samantha Edithso (1869) menambah 0,5 poin. 

Tambahan poin diraih Cecilia Natalie Liuviann usai remis lawan Samantha Edithso dan dan menang atas pecatur Korea Selatan, MFW Park Sunwoo (1760, KOR). 

Sedangkan Samantha kalah atas unggulan pertama dari Mongolia, MFW 
Boldbaatar Altantuya (2115). 

Cecilia Natalie Liuviann menempati urutan ketiga pada klasemen sementara dengan 4,5 poin. Di bawah MFW Boldbaatar Altantuya yang juga mengoleksi 4,5 poin.  

Samantha Edithso sendiri menempati urutan ke-8 dari total 21 peserta dengan 3,5 poin.

Baca juga: Diajeng Teresa Singgih Tahan Remis Unggulan Pertama dari Mongolia di Babak ke-4 Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 Kinabalu 

Aditya Melesat ke Urutan Ketiga

Hasil menggembirakan juga diraih wakil Indonesia yang bertanding di Kelompok Open, Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan (2404). 

Aditya yang sempat tergelincir di babak ke-4, hari ini berhasil bangkit dan menyapu dua kemenangan di babak ke-5 dan babak ke-6. 

Di babak ke-5 Aditya menaklukkan wakil tuan rumah Malaysia, Jason Warren Likoh (1683). Aditya kembali sukses mendulang poin penuh saat menghadapi pecatur Filipina Master Fide (MF) Christian Gian Karlo Arca (2317) di babak ke-6. 

Dua kemenangan ini membawa Aditya melesat dari urutan 10 ke urutan 3 dengan 4,5 poin. 

Rekan Aditya yakni Kandidat Master Fabian Glen Mariano (1959) berhasil menambah 1,5 poin hasil remis dengan pecatur Malaysia Hiew Jing Yung (1591) dan menang atas wakil Filipina Danry Seth Romualdez (1189).

Fabian yang mengemas 4 poin menempati urutan ke-8 dari 38 peserta. Bersama Fabian ada lima pecatur lainnya yang sama-sama mengoleksi 4 poin di urutan 5 sampai 10.

Puncak klasemen sementara Kelompok Open diduduki MI dari Filipina Daniel Quizon dengan 5,5 poin. Ditempel ketat pecatur Mongolia MF Munkhdalai Amilal yang juga mengoleksi 5,5 poin. 

Jika melihat peta persaingan di Kelompok Putri dan Open sampai babak ke-6, ada tiga pecatur Indonesia yang berpeluang meraih gelar juara. Di Kelompok Putri, Diajeng yang kini memimpin dan Cecilia Liuviann memiliki kans besar menjadi kampiun. Sementara di Kelompok Open, masih terbuka peluang bagi Aditya Bagus Arfan untuk merebut gelar juara. Dengan catatan Diajeng, Cecilia dan Aditya dapat meraih hasil terbaik di tiga babak yang tersisa yakni babak 7, 8 dan babak terakhir atau babak ke-9.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])