Diajeng dan Cecilia Berpeluang Jadi Juara Kejuaraan Catur Asia Timur 2023 Kinabalu

Nusantaratv.com - 08 Desember 2023

MFW Diajeng Teresa Singgih (kiri) pada babak terakhir Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kinabalu/Foto: Kristianus Liem
MFW Diajeng Teresa Singgih (kiri) pada babak terakhir Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kinabalu/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Dua pecatur putri Indonesia Kandidat Master Wanita Cecilia Natalie Liuviann (1813) dan Master Fide Wanita (MFW) Diajeng Teresa Singgih (1827) berpeluang merebut gelar juara pada Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kinabalu, Malaysia yang akan memasuki babak akhir.

Hasil positif itu diraih Cecilia dan Diajeng setelah berhasil mendulang poin pada babak ke-7 dan ke-8 yang berlangsung Kamis (7/12/2023). 

Cecilia sukses mendulang 2 poin penuh termasuk dengan mengalahkan rekannya Diajeng Teresa Singgih pada babak ke-7 yang berlangsung pagi hari.  
Dan sore harinya di babak ke-8 Cecilia  menaklukkan Ruelle Canino (1816) dari Filipina. 

Tambahan 2 poin membawa Cecilia menggusur posisi Diajeng dari puncak klasemen sementara. 

Tapi yang meraih keuntungan dari pertarungan dua putri Indonesia itu adalah pecatur Mongolia unggulan pertama MFW Boldbaatar Altantuya (2115) yang juga mengemas dua kemenangan. Sehingga Altantuya mengumpulkan poin yang sama 6,5 poin. Dia berhak menduduki puncak klasemen sementara karena unggul dalam nilai tiebreak head to head. Karena Altantuya bermain remis lawan Diajeng dan menang dari Cecilia. 

Diajeng yang menang atas wakil tuan rumah Malaysia pada babak ke-8 Darwisyah Insyirah Nureen (1160) harus puas bertengger di urutan 3 pada  klasemen sementara di bawah Altantuya dan Cecilia. 

Meski sangat tergantung pada hasil pertandingan yang diraih Altantuya di babak terakhir atau babak ke-9 yang berlangsung hari ini Jumat (8/12/2023), masih terbuka peluang bagi Cecilia dan Diajeng untuk merebut gelar juara di Kelompok Putri Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kinabalu, Sabah, Malaysia. Dengan catatan Cecilia dan Diajeng menang sedangkan Altantuya kalah. 

Aditya Kalahkan Unggulan Utama

Sementara di bagian putra wakil Indonesia Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan berhasil mendulang 1,5 poin. 

Pada babak 7 Adit sukses menaklukkan unggulan utama dari Filipina MI Daniel Quizon (2415). Kemudian bermain remis lawan Master Fide (MF) Munkhdalai Amilal  (2388) dari Mongolia. 

Tambahan 1,5 poin yang diraihnya tak cukup untuk mendongkrak posisi Aditya pada klasemen sementara. Adit tertahan di urutan ketiga dengan 6 poin. 

Rekannya Kandidat Master Fabian Glen Mariano (1959) berhasil mendulang 2 angka hasil menang dari pecatur Filipina, Jan Clifford Labog (1818) dan wakil Malaysia, Mohan Kavin (1751). Dengan hasil ini Fabian kini menempati urutan keempat dengan 6 poin. 

Puncak klasemen dikuasai pecatur Mongolia, Munkhdalai Amilal dengan 7 poin dan diikuti Daniel Quizon di urutan kedua dengan 6,5 poin. 

Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 di Kinabalu, Sabah, Malaysia yang diikuti 21 pecatur di Kelompok Putri dan 38 peserta di Kelompok Open akan memasuki babak terakhir atau babak ke-9.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close