Daftar 8 Atlet Indonesia yang Sudah Lolos ke Olimpiade Paris 2024: Eko Yuli Cetak Sejarah

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024 usai meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Angkat Berat yang berlangsung di Phuket, Thailand, Selasa (3/4/2024). (dok NOC Indonesia)
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024 usai meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Angkat Berat yang berlangsung di Phuket, Thailand, Selasa (3/4/2024). (dok NOC Indonesia)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Bertambah lagi atlet Indonesia yang akan tampil di Opimpiade Paris 2024. Terbaru adalah Eko Yuli Irawan, lifter andalan Tanah Air yang memastikan tempat di multieven empat tahunan itu.

Eko Yuli Irawan meraih tiket ke Paris usai merebut medali perak pada Weightlifting World Cup yang berlangsung di Phuket, Thailand, Selasa (3/4/2024). 

Tampil di kelas 61 kg, Eko berhasil merebut medali perak usai mencatatkan angkatan terbaik snatch 133 kg dan masuk dalam 10 besar ranking RTO. 

Di angkatan Clean and Jerk, Eko gagal melakukan angkatan pertama seberat 146kg dan tidak melanjutkan untuk angkatan kedua dan ketiga. 

Dengan hasil itu, Eko Yuli pun hanya mampu merebut medali perak. Sementara medali emas direbut lifter China, Li Pabin dengan Angkatan 146kg. Angkatan ini sekaligus mempertajam rekor dunia miliknya yang semula 145kg.

Keberhasilan Eko Yuli Irawan melaju ke Olimpiade Paris 2024 menjadi sejarah baru bagi olahraga Indonesia. Pria asal Metro, Lampung itu kini tercatat sebagai lifter Indonesia pertama yang bisa tampil hingga lima kali di ajang olahraga multicabang empat tahunan tersebut. 

"Ini last olympic buat saya kalau melihat persaingannya sekarang. Saya mau pulih dulu lututnya, mau berusaha sembuh dulu masih ada 3 bulan ke depan. Recovery lutut bisa selesai supaya nanti di Paris 2024 bisa main lebih lepas dan maksimal supaya hasilnya juga bisa maksimal" ujar Eko Yuli Irawan. 

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Pada edisi sebelumnya yang berangsung di Jepang, 2020 lalu, Indonesia membawa pulang 1 medali emas, 1 perak, dan 3 medali perunggu.

Selain Eko Yuli, sejumlah atlet-atlet Indonesia sudah lebih dulu memastikan tiket ke Paris. Siapa saja?

Ikuti informasi selengkapnya pada halaman selanjutnya.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close