CrossFire Raih Medali Pertama Buat Esports Indonesia di SEA Games 2023

Nusantaratv.com - 09 Mei 2023

Timnas esports Indonesia untuk nomor CrossFire berfoto bersama sejumlah perwakilan dari PBESI usai pengalungan medali SEA Games 2023 di Naba Theatre, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (9/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Timnas esports Indonesia untuk nomor CrossFire berfoto bersama sejumlah perwakilan dari PBESI usai pengalungan medali SEA Games 2023 di Naba Theatre, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (9/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Tim nasional Indonesia untuk nomor pertandingan CrossFire berhasil meraih medali perak sekaligus medali pertama untuk Kontingen Merah-Putih di cabang olahraga esports pada SEA Games 2023 Kamboja, Selasa.

Kepala Badan Timnas Esports PB Esports Indonesia (PBESI) Tjahjono Prasetyanto mengatakan capaian ini lebih baik dari prestasi di SEA Games ke-31 Vietnam, tahun lalu, dimana Skuad Garuda meraih medali perunggu di nomor pertandingan yang sama.

"Kita mengapresiasi atlet esports Indonesia yang sudah berhasil mendapatkan medali perak di nomor CrossFire pada SEA Games kali ini. Karena seperti yang kita ketahui, di SEA Games tahun lalu kita mendapatkan perunggu," ujar Tjahjono saat ditemui usai pemberian medali di Naba Theatre di Phnom Penh.

Lebih lanjut, Tjahjo mengaku optimistis dengan tim-tim esports lainnya yang akan berlaga di SEA Games Kamboja agar dapat membawa medali sebanyak-banyaknya, termasuk medali emas.

"Kita sangat optimistis untuk (nomor) Mobile Legends Women dan Men, serta PUBG untuk memperoleh emas," kata dia.

Adapun pada final CrossFire, tim Indonesia berhadapan dengan tim Vietnam, yang merupakan juara bertahan di SEA Games. Indonesia harus mengakui dominasi tim lawan, namun Jason Adrian dan kawan-kawan berupaya memberikan strategi dan serangan kuat.

Meski pada akhirnya kalah dengan skor 3-0, pada babak ketiga, para pemain Indonesia mencoba untuk memperkecil ketertinggalan poin demi poin dan lebih fokus jika dibandingkan dengan dua babak pertama.

Namun, setelah pertarungan sengit dan berlangsung cukup seru, Vietnam kembali melancarkan serangan-serangan cepat dan efektif, hingga akhirnya meraih kemenangan atas keseluruhan babak.

Sementara itu, perolehan medali perak di nomor CrossFire ini membuat Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara untuk cabang olahraga esports.

Peringkat pertama diduduki oleh tuan rumah Kamboja dengan perolehan dua medali emas dan satu perak. Lalu ada Vietnam dengan satu emas dan satu perak, serta Filipina dengan satu emas dan satu perunggu.

SEA Games ke-32 Kamboja 2023 akan mempertandingkan sembilan nomor game pada cabang olahraga esport. Berdasarkan analis dan proyeksi peluang, Indonesia mengikuti enam nomor game.

Nomor-nomor game tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Putra, Mobile Legends: Bang Bang Putri, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Valorant, dan CrossFire.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])