Catatan Sejarah Timnas Basket di Sea Games

Nusantaratv.com - 23 Mei 2022

Timnas Basket Indonesia
Timnas Basket Indonesia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mencetak sejarah. Indonesia berhasil menyabet medali emas SEA Games Hanoi, Vietnam, setelah menundukkan Filipina di laga terakhir dengan skor, 85-81, Minggu sore (22/5) kemarin.

Indonesia belum pernah sampai di titik ini. Prestasi tertinggi Indonesia sebelumnya hanya medali perak. Kali ini Indonesia benar-benar membuktikan bahwa mereka berhasil menjadi raja basket Asia Tenggara. 

Untuk game terakhir ini, head coach Milos Pejic menurunkan starting line-up berisi Juan Laurent Kokodiputra, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Mereka berhasil membawa Indonesia unggul 18-14 di kuarter pertama. Setelah Jawato membuka poin untuk Indonesia, selanjutnya poin mengalir lancar. Indonesia sempat unggul 7 poin (16-9) setelah dua kali three poin masuk ke ring Filipina. Derrick Michael dan Prastawa yang berhasil memasukkan tembakan tersebut. Filipina berhasil menurunkan margin hingga 4 angka (14-18) di sisa 25 detik kuarter pertama.

Hanya butuh waktu dua menit bagi Filipina di kuarter kedua untuk membalikkan keadaan. Filipina running 5-0 untuk mencetak keunggulan 19-18 atas Indonesia. Tapi semakin menarik karena kedua tim saling bergantian memimpin jalannya laga. Indonesia sempat mendapatkan momentum di pertengahan kuarter kedua. Yudha Saputera dengan jeli melepaskan dua assist yang bagus untuk mencetak dua kali three point. Eksekutornya adalah Agassi Yeshe Goantara dan Derrick Michael. Indonesia unggul 29-23. Tapi performa Jeth dengan lay-up dan three point di bawah dua menit, membawa Filipina menyamakan kedudukan (32-32).

Indonesia bisa mempertahankan keunggulan saat turun minum dengan skor 36-32. Sampai di babak pertama ini, Derrick Michael dan Abraham Damar sama-sama mencetak 10 poin untuk Indonesia. Agassi tampil efektif dengan mencetak 6 poin dari 2 kali three point. Dari Filipina, Jeth mencetak 10 angka, dan Ravena menambahkan 8 angka. Indonesia kurang bagus di paint area karena hanya mencetak 2 angka saja. Tapi Indonesia berhasil memasukkan 6 three point dari 16 percobaan.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])