Calvin Verdonk Ingin Buktikan Kepada Belanda Bisa Tampil di Piala Dunia Bersama Indonesia

Nusantaratv.com - 07 April 2024

Pemain calon naturalisasi Indonesia, Calvin Verdonk
Pemain calon naturalisasi Indonesia, Calvin Verdonk

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Calon pemain naturalisasi, Calvin Verdonk memiliki tekad yang kuat untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

Calvin menegaskan, tekad tersebut menjadi target utama bersama Timnas Indonesia, sekaligus membuktikan kepada Belanda bahwa Ia bisa tampil di ajang Piala Dunia bersama negara kelahiran nenek moyangnya.

Kualitas Calvin dalam mengolah si kulit bundar memang sudah tak diragukan lagi. Terbukti, Ia pernah memperkuat Timnas Belanda U-15 hingga U-21. Sayangnya, Calvin tak pernah sekalipun dipanggil untuk memperkuat tim senior.

Bahkan, Calvin pun sadar di usianya yang sudah menginjak 27 tahun, sudah tak memiliki kesempatan untuk tampil bersama Timnas senior Belanda.

Hal itu yang membuat Calvin memilih untuk pindah warga negara menjadi WNI dan membuktikan kepada Belanda bahwa sebenarnya Ia masih layak tampil bersama Timnas senior di ajang Piala Dunia.

Calvin juga melihat usaha dan perjuangan Timnas Indonesia untuk bisa tampil di Piala Dunia 2026 sangat serius. Bahkan, dukungan dari publik pencinta sepak bola di Tanah Air juga sangat tinggi.

Hal itu juga yang membuat dirinya memilih pinangan naturalisasi dari Indonesia untuk memperkuat skuad Garuda hingga mencapai putaran final Piala Dunia 2026.

"Saya harus jujur kepada diri saya sendiri, Saya tidak akan punya kesempatan lagi untuk masuk ke timnas Belanda. Usia saya sekarang hampir mencapai 27 tahun, sehingga itu (memakai jersi Belanda) sangat tidak realistis," kata Calvin dikutip dari BolaSport.

"Sepakbola sangat berkembang di negara ini. Dan  mereka masih bersaing di kualifikasi Piala Dunia 2026. Jika tiba-tiba saya masuk Piala Dunia, tidak ada yang akan menyangka," ujar Calvin.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia mampu menduduki posisi kedua klasemen Grup F dengan torehan 7 poin dari empat laga yang dijalaninya.

Skuad Garuda masih menyisakan dua laga, pertama menjamu Filipina dan dilanjutkan bertandang ke markas Irak.

Pasukan Shin Tae-yong juga hanya membutuhkan satu kemenangan saja dari sisa dua laga guna memastikan diri lolos keputaran ketiga.

Setelah Asnawi Mangkualam Cs kembali melanjutkan perjuangannya di babak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 demi mendapatkan satu tiket ke putaran final.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close