Batak Berlari 2024: Suarakan Inklusivitas dan Solidaritas Suku Batak

Nusantaratv.com - 30 Juli 2024

Batak Berlari 2024 akan berlangsung pada 15 September 2024 di QBIG BSD City, Tangerang, Banten. (Foto: Adiansyah/NTV)
Batak Berlari 2024 akan berlangsung pada 15 September 2024 di QBIG BSD City, Tangerang, Banten. (Foto: Adiansyah/NTV)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - OneLoveSpiritHope Community dari HKBP Pasar Rebo meluncurkan Batak Berlari 2024 dengan konsep "Hybrid Fun Walk and Fun Run for Donation".

Gelaran acara ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan terhadap Tahun Oikumene Inklusif HKBP, bertujuan untuk menyuarakan inklusivitas, persatuan dalam keragaman dan solidaritas suku Batak.

Batak Berlari sendiri akan berlangsung pada 15 September 2024 di QBIG BSD City, Tangerang, Banten, yang menawarkan pengalaman lari yang tak terlupakan dengan memadukan semangat olahraga, kekayaan budaya Batak, dan kepedulian sosial.

Peserta bisa memilih dua rute, yakni 2,5 kilometer dan 5 kilometer, baik secara langsung di QBIG BSD City maupun secara virtual.

Ketua Pelaksana Batak Berlari, Sujasfin Judika Dewantara Nababan (Foto: Adiansyah/NTV)

"Kami sangat antusias menyambut Batak Berlari 2024," ujar Andrian Yulianto perwakilan dari Aktivin dalam keterangan tertulis yang diterima.

"Dalam event ini kami akan memastikan bahwa rute yang akan dijalani adalah rute yang menantang namun tetap ramah bagi pelari dengan tingkat kemampuan yang beragam," sambungnya.

Salah satu keunikan Batak Berlari 2024 adalah suasana acaranya yang kental dengan nuansa Batak.

Di lintasan dengan jarak 2,5 kilometer, peserta akan disuguhi berbagai pertunjukan dan aktivitas menarik bertema Batak, seperti tarian tradisional Batak, Tortor, diiringi dengan musik Batak.

Selain itu, peserta juga akan mendapat race pack yang berisi jersey eksklusif, medali dan nomor bib dengan desain khas Batak. Di race village juga akan disajikan hiburan oleh pengisi acara dengan latar belakang suku Batak.

Patar Marlon Siregar, seorang Pelari Master yang sekaligus menjadi penasehat dalam Batak Berlari 2024, mengapresiasi inisiatif penyelenggaraan ajang ini.

HKBP Pasar Rebo bakal gelar Batak Berlari. (Foto: Adiansyah/NTV)

"Lari adalah olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja sehingga saya percaya Batak Berlari dapat diikuti oleh semua orang lintas usia, lintas agama, dan bahkan lintas kesukuan menggabungkan keseriusan olahraga dan kesenangan karena melakukan aktivitas bersama keluarga maupun rekan," ujar Patar.

Kemudian, seluruh donasi yang terkumpul dari Batak Berlari 2024 akan disalurkan kepada HKBP Distrik VIII Jakarta untuk mendukung program HKBP Peduli Difabel.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan keterampilan, penyediaan sarana dan prasarana, serta advokasi," Ujar Pdt. Bernard Manik, M.Th. selaku Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta.

Senada dengan Pdt. Dahlan Munthe, M.Th selaku Pdt. Ressort HKBP Pasar Rebo bahwa Batak Berlari bisa jadi inspirasi bagi masyarakat.

"Batak Berlari 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat bahwa melalui olahraga pun kita dapat menjadi berkat dan menunjukan kasih bagi sesame," ungkapnya.

Event Batak Berlari 2024 juga membuka kesempatan kepada teman-teman difabel untuk merasakan pengalaman berlari yang berkesan dan memuaskan.

Ketua Pelaksana Batak Berlari, Sujasfin Judika Dewantara Nababan (Foto: Adiansyah/NTV)

Teman-teman difabel akan dibantu oleh pelari dan pendamping dengan menggunakan kursi roda.

"OneLoveSpiritHope Community dan Aktivin berkomitmen menciptakan lingkungan yang inklusif dimana setiap orang tanpa memandang fisik, dapat berpartisipasi dan menikmati acara ini," ujar SJ Dewantara Nababan selaku Ketua Panitia Batak Berlari 2024.

"Bersama-sama, kita merayakan keberagaman dan menjadikan ajang ini sebagai simbol persatuan dan inklusivitas," sambungnya.

Pendaftaran untuk Batak Berlari 2024 telah dibuka mulai hari ini, 30 Juli 2024, melalui website resmi http://batakberlari.aktivin.id/.

Biaya pendaftaran sebesar Rp275.000 sudah termasuk donasi sebesar Rp25.000 yang akan disumbangkan untuk program HKBP Peduli Difabel.

Untuk menambah keseruan, panitia juga menyediakan hadiah menarik bagi peserta yang mempromosikan event Batak Berlari melalui akun media sosial pribadi mereka.

Caranya mudah, post seputar Batak Berlari di media sosial kemudian tag akun Instagram @batak_berlari. Panitia akan memilih peserta dengan caption paling menarik untuk jadi pemenang.

Penggalangan dana akan tetap dibuka hingga 29 September 2024 melalui website resmi Batak Berlari 2024.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close