Balap Sepeda Patok 4 Emas di SEA Games Kamboja

Nusantaratv.com - 18 Maret 2023

Timnas balap sepeda Indonesia
Timnas balap sepeda Indonesia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Cabang olahraga sepeda masih jadi andalan perolehan emas di ajang SEA Games Kamboja 2023.

Manajer Timnas Balap Sepeda Budi Saputra menjelaskan timnya menargetkan empat emas di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. 

Di Kamboja, balap sepeda mempertandingkan dua nomor. Yakni road race dan MTB.

"Kami mempersiapkan 16 atlet untuk berangkat ke SEA Games Kamboja," kata Budi saat dikunjungi CdM Lexyndo Hakim di pelatnas sepeda Hotel Savita Inn, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (18/3). 

Budi juga menjelaskan soal tim pendukung termasuk sports science untuk pengembangan para atlet timnas balap sepeda. Tujuannya agar mereka bisa terus meningkatkan prestasi di ajang multievent. 

Budi lantas memperkenalkan satu persatu anggota tim pendukung balap sepeda. Di antaranya adalah Dr Mirza Hapsari sebagai ahli gizi, dr Andhika Respati SpKO sebagai dokter tim, Dr Donny Ardy Kusuma sebagai ahli sports science dan Dr Rahman Widohardono yang merupakan psikolog tim sepeda. 

Setiap hari para ahli tersebut mendampingi dan mentreatmen para atlet yang menjalani pemusatan latihan. Mereka mengatur secara detail apa saja yang menjadi kebutuhan atlet.

"Seperti porsi latihan, menu asupan, pengitungan kalori dan lainnya," kata dia. 

Tim ahli sports science, Donny juga membeberkan data-data performa para atlet balap sepeda dari layar laptop.

"Data-data ini sangat berguna untuk memantau dan mengembangkan performa para atlet," kata Donny. 

"Di pelatnas ini, saya bersama dokter, psikolog, ahli gizi, pelatih dan masseur selalu bekerjasama dan bersama bekerja. Lingkungannya sangat asyik," imbuh Donny.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])