Babak 2 FIDE Grand Swiss 2023: Medina Bangkit Taklukkan Pecatur India MI Vantika Agrawal

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2023

Medina Warda Aulia/Foto: Kristianus Liem
Medina Warda Aulia/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur putri Indonesia Master Internasional (MI-gelar pria) berhasil bangkit dari kekalahan di babak pertama dan memenangkan laga babak kedua atas lawannya dari India MI Vantika Agrawal di ajang FIDE Grand Swiss 2023 yang berlangsung di Isle of Man, Kamis (26/10/2023) malam.

Meski kalah elo rating 73 poin, Medina 2362 berhasil menorehkan kemenangan meyakinkan atas Agrawal 2345 dengan keunggulan empat bidak pada permainan akhir.

Medina mengawali laga dengan pembukaan favoritnya dengan mendorong bidak di depan Raja dua langkah ke petak E4. Direspon Agrawal dengan bidak ke C4. Medina melanjutkan dengan Kuda G1 ke F3. Dibalas Agrawal dengan mendorong bidak ke D6. Sehingga terbentuk pembukaan Sicilian Variasi Najdorf.

Dengan maksud menguasai lajur sentral D dan E, Medina langsung mendobrak dengan mendorong bidak ke D4. Terjadi pertukaran bidak C4 dengan D4. Membuat Medina lebih menguasai ruang dan lawan memiliki bidak lemah di D6.

Dominasi Medina semakin menguat setelah menempatkan sepasang Bentengnya di F1 dan F3 membidik bidak lawan di F7. Sementara perwira-perwira Agrawal tak bisa leluasa karena dicegah sepasang Kuda Medina di C3 dan D5. Krisis waktu menyebabkan Agrawal kesulitan untuk menemukan langkah terbaik mengantisipasi tekanan dari Medina.

Kunci kemenangan Medina ketika berhasil menjatuhkan bidak lawan di E4. Pertukaran dua Benteng justru membuat Medina semakin unggul.

Posisi terakhir Medina punya satu Kuda dan  lima bidak yang terpisah tapi saling mengikat yaitu tiga di lajur A, B dan C serta dua di G2 dan H3.

Baca juga: Turnamen Catur FIDE Grand Swiss 2023: Medina Warda Aulia Dikalahkan Juara Eropa 3 Kali dari Rusia pada Babak 1

Sedangkan Agrawal hanya memiliki satu bidak di G5 dan satu Gajah hitam

Agrawal akhirnya menyerah karena menyadari tak mungkin lagi bisa memaksakan hasil remis.

Kemenangan di laga ini membuat Medina mengemas 1 poin dan menempati posisi ke-24 dari 50 peserta pada klasemen sementara di Kelompok Putri.

Posisi teratas dikuasai lima pecatur yang sama-sama mengemas 2 poin yaitu GMW Meruert Kamalidenova 2351 (Kazakhstan), GM Tan Zhongyi 2517 (China), GM Anna Muzychuk 2510 (Ukraina), GM Stefanova Antoaneta 2424 (Bulgaria) dan MI Iriana Bulmaga 2423 (Bulgaria).

Medina kembali akan bertanding di babak ke-3 dari 11 babak yang dijadwalkan pada hari ini, Jumat (27/10/2023) melawan pecatur Serbia Teodora Injac 2426. Sesuai pairing Medina giliran bermain dengan buah hitam.

Turnamen FIDE Grand Swiss 2023 merupakan bagian dari rangkaian seleksi menuju Turnamen Kandidat 2024 untuk mendapatkan penantang Juara Dunia Catur Wanita yang saat ini dipegang oleh pecatur China GM Ju Wenjun.

Juara dan runner up FIDE Grand Swiss 2023 berhak lolos ke Turnamen Kandidat 2024 yang akan digelar di Kanada pada April mendatang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close