Babak 2 Catur Standar Beregu Putri Asian Games 2022: Medina Main, Dewi AA Citra Diistirahatkan Lawan Kazakhstan

Nusantaratv.com - 30 September 2023

Tim Catur Putri Indonesia saat berhadapan dengan Korea Selatan di babak 1/Foto: Kristianus Liem
Tim Catur Putri Indonesia saat berhadapan dengan Korea Selatan di babak 1/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tim Catur Putri Indonesia akan berhadapan dengan tim tangguh Kazakhstan pada babak ke-2 catur standar beregu putri Asian Games 2022 Hangzhou, China. 

Laga Indonesia kontra Kazakhstan akan digelar di Hangzhou Qi-yuan (Zhili) Chess Hall pada hari ini Sabtu (30/9/2023) mulai pukul 15.00 waktu Hangzhou atau 16.00 WIB.

Sebelumnya di babak 1, Jumat (29/9/2023), Indonesia menang 4-0 atas Korea Selatan, sementara Kazakhstan menaklukkan Uni Emirat Arab. 

Indonesia dan Kazakhstan sama-sama unggulan atas di nomor catur standar beregu putri Asian Games 2022. Indonesia menempati unggulan ke-4, sedangkan Kazakhstan unggulan ke-3. 

Dengan materi pemain yang kekuatannya merata dengan elo rating 2300-2400an Kazakhstan tentu bukan lawan yang mudah buat Irene Kharisma Sukandar dan kawan-kawan. 

Jika melihat catatan prestasi di nomor catur cepat perorangan putri Asian Games 2022 yang baru saja berakhir. Dua pemain Kazakhstan yakni GM-gelar pria Zhansaya Abdumalik 2473 dan MI Bibisara Assaubayeva 2469 menorehkan prestasi yang lebih baik dibanding dua andalan Indonesia yakni MI Irene Kharisma Sukandar 2371 dan MI Medina Warda Aulia 2373. 

Bibisara Assaubayeva menempati peringkat 5 dengan 6 poin, kemudian Zhansaya Abdumalik menduduki urutan ke-8 dengan 5,5 poin. 

Sementara Irene berada di urutan 10 dengan 5,5 poin dan Medina di posisi ke-12 dengan 5 poin dari total 30 peserta. 

Irene dan Medina juga sempat berhadapan dengan kedua pemain Kazakhstan pada babak ke-4 catur cepat perorangan. 

Hasilnya, Irene kalah lawan Zhansaya Abdumalik dan Medina kalah dari Bibisara Assaubayeva.

Baca juga: Catur Standar Beregu Putri Asian Games 2022: Indonesia Hadapi Lawan Kuat Kazakhstan di Babak ke-2

Formasi Pemain

Setelah sempat diistirahatkan saat lawan Korsel di babak 1, Medina Warda Aulia dipastikan akan bermain lawan Kazakhstan di babak kedua hari ini. Sebaliknya GMW Dewi AA Citra diistirahatkan. Posisi Dewi yang ditempatkan di papan ketiga digantikan oleh Chelsie Monica Sihite. Sedangkan papan keempat diisi oleh Ummi Fisabilillah yang berstatus cadangan.

"Atas permintaan Scherbakov (pelatih asing asal Rusia) dengan alasan agar semua gantian main putih dan hitam, Dewi AA Citra yang diistirahatkan," kata Kristianus Liem selaku ofisial Tim Catur Indonesia di Asian Games 2022.

"Babak kedua lawan Kazakhstan yang main Irene, Medina, Chelsie dan Ummi," timpal Henry Hendratno yang juga ofisial tim.

Berdasarkan hasil pairing (undian) MI Irene Kharisma Sukandar rating 2371 dipastikan melawan MI Bibisara Assaubayeva 2469 di papan pertama. Di laga ini Irene memainkan buah putih.

MI Medina Warda Aulia 2373 kontra Grand Master Wanita (GMW) Meruyert Kamalidenova 2351 di papan kedua. Medina bermain dengan buah hitam.

Master Internasional Wanita (MIW) Chelsie Monica Ignesias Sihite 2251 lawan GM-gelar pria Zhansaya Abdumalik 2473 di papan ketiga. Chelsie bermain dengan buah putih.

Kemudian MIW Ummi Fisabilillah 2180 kontra MIW Alua Nurmanova 2347 di papan keempat. Ummi memainkan buah hitam. 

Catur standar beregu putra-putri Asian Games 2022 menggunakan waktu pikir 90 menit plus increament 30 detik.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])