Babak 2 Catur Standar Beregu Putri Asian Games 2022: Indonesia Taklukkan Kazakhstan 2,5-1,5

Nusantaratv.com - 30 September 2023

Tim Catur Indonesia bersama pelatih dan ofisial di Athlete Village Asian Games 2022 Hangzhou, China/ist
Tim Catur Indonesia bersama pelatih dan ofisial di Athlete Village Asian Games 2022 Hangzhou, China/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tim Catur Putri Indonesia memuluskan langkah perjuangannya untuk meraih medali catur standar beregu putri Asian Games 2022 dengan menaklukkan tim kuat Kazakhstan dengan skor 2,5-1,5 pada babak ke-2, Sabtu (30/9/2023).

Kemenangan ini membuat total poin yang dikemas Tim Catur Indonesia menjadi 4 poin. Hasil dari dua kali kemenangan. Sebelumnya di babak 1 Irene Kharisma Sukandar dan kawan-kawan menang telak 4-0 dari Korea Selatan.

Indonesia tertinggal lebih dulu dari Kazakhstan setelah andalan di papan pertama MI Irene Kharisma Sukandar rating 2371 dikalahkan MI Bibisara Assaubayeva 2469.

Bermain dengan buah putih Irene gagal meraih poin dan harus menyerah di langkah ke-43.

Namun MIW Ummi Fisabilillah 2180 yang turun di papan keempat berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menaklukkan MIW Alua Nurmanova 2347.

Memegang buah hitam, Ummi bermain sangat taktis dan unggul Menteri di permainan akhir. Normanova menyerah di langkah ke-56.

Skor tetap imbang 1,5-1,5 setelah terjadi hasil remis pada laga di papan ketiga antara Master Internasional Wanita (MIW) Chelsie Monica Ignesias Sihite 2251 lawan GM-gelar pria Zhansaya Abdumalik 2473.

Bermain dengan buah putih Chelsie mampu mengendalikan jalannya pertandingan. 

Baca juga: Catur Standar Beregu Putri Asian Games 2022: Indonesia Kalahkan Korsel 4-0 di Babak 1

Dalam permainan akhir kedua pemain sama-sama memiliki Menteri dan tiga bidak dengan posisi Raja terbuka. Chelsie dan Zhansaya sepakat remis di langkah ke-71.

Kemenangan Tim Catur Indonesia dipastikan oleh MI Medina Warda Aulia 2373 yang turun di papan kedua lawan Grand Master Wanita (GMW) Meruyert Kamalidenova 2351.

Memainkan buah hitam Medina memegang penuh kendali permainan. Apalagi setelah pertandingan memasuki permainan akhir. Praktis sang lawan Kamalidenova hanya bisa cari remis. Pasalnya dia sudah tidak lagi memiliki bidak. Sementara Medina masih memiliki dua bidak bebas di lajur B dan G. 

Perlahan tapi pasti dengan kombinasi Benteng yang membatasi gerak Raja lawan di lajur F, Kuda dan Raja Medina berhasil mempromosikan bidak di lajur B. 

Kamalidenova akhirnya menyerah di langkah ke-75 karena tak ada langkah lain buat dia selain menukar Bentengnya dengan bidak Medina yang sudah promosi jadi Menteri di B1. 

Skor akhir 2,5-1,5 untuk kemenangan Tim Catur Putri Indonesia.

Hasil pertandingan lainnya pada babak 2 catur standar beregu putri, India vs Vietnam 2,5-1,5,  China vs Mongolia 3-1, Uzbekistan vs Filipina 2-2, Hong Kong vs Uni Emirat Arab 3-1 dan Thailand vs Korea Selatan 3,5-0,5.

Besok, Minggu (1/10/2023), Tim Catur Putri Indonesia kembali akan melanjutkan perjuangannya di babak ke-3 catur standar beregu putri Asian Games 2022.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])