Asian Zona 3.3 Chess Championship 2023 Resmi Ditutup, Utut Adianto Apresiasi Perjuangan Para Pecatur Indonesia

Nusantaratv.com - 13 Mei 2023

Presiden FIDE Zona 3.3 Asia sekaligus Ketua Umum PB Percasi Grand Master Urut Adianto didampingi Wakil Ketua Umum I Agustiar Sabran (kanan) dan Waketum PB Percasi Bidang Organisasi, Laksma TNI Abdul Rivai Ras (kiri) memberikan keterangan pers pada penutupan Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 di Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Jumat (12/5/2023) malam.  
Presiden FIDE Zona 3.3 Asia sekaligus Ketua Umum PB Percasi Grand Master Urut Adianto didampingi Wakil Ketua Umum I Agustiar Sabran (kanan) dan Waketum PB Percasi Bidang Organisasi, Laksma TNI Abdul Rivai Ras (kiri) memberikan keterangan pers pada penutupan Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 di Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Jumat (12/5/2023) malam.  

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kejuaraan catur bergengsi Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 yang digelar Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) dan didukung oleh PT Pertamina (Persero) serta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) resmi ditutup pada Jumat (12/5/2023) malam di Hotel Century Park Senayan, Jakarta. 

Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 berhasil mengantarkan tiga pecatur lolos ke Piala Dunia 2023 di Baku, Azerbaijan pada Juli-Agustus mendatang. Ketiga pecatur yang berhasil lolos adalah GM dari Mongolia, Bilguun Sumiya dan pecatur Vietnam GM Le Tuan Minh yang menjadi juara dan runner up di kelompok Open/Putra. Serta Grand Master Wanita dari Vietnam Vo Thi Kim Phung di kelompok Putri. 

Selain mendapatkan tiket, sebagai juara Bilguun Sumiya (7 poin) juga mendapatkan hadiah uang sebesar 2.100USD serta medali dan piala berbentuk kepala kuda, Le Tuan Minh (6 poin) mendapat 1550USD dan peringkat ketiga GM Tsegmed Batchuluun (6 poin) juga mendapat 1.550USD. 

Empat pecatur Indonesia yakni GM Novendra Priasmoro, GM Susanto Megaranto, Master Internasional (MI) Yoseph Theofilus Taher dan Master Fide (MF) Aditya Bagus Arfan yang menempati peringkat 10 besar  juga mendapatkan hadiah. 

Sementara di kelompok putri, tampil sebagai juara Grand Master Wanita (GMW) dari Vietnam Vo Thi Kim Phung dengan 6,5 poin yang mendapat 1.500USD, medali dan piala berbentuk kepala kuda. Vo Thi Kim Phung juga berhak lolos ke Piala Dunia 2023. 

Runner up diraih pecatur Vietnam lainnya GMW Nguyen Thi Mai Hung yang mengemas 6 poin. Thi Mai Hung mendapat hadiah sebesar 1.100USD. Sementara peringkat ketiga diraih pecatur Indonesia, Master Internasional Wanita (MIW) Dita Karenza yang juga mengemas 6 poin. Berkat prestasinya Dita meraih medali perunggu dan hadiah 1.100USD. 

Pecatur putri terbaik Indonesia MI-GMW Irene Kharisma Sukandar juga mendapatkan hadiah karena berhasil  menempati peringkat 10 besar. 

Penutupan ajang yang diikuti sebanyak 58 pecatur dari 9 negara ini ditandai dengan sambutan dari Presiden FIDE Zona 3.3 Asia sekaligus Ketua Umum PB Percasi Grand Master (GM) Utut Adianto dan pemukulan gong oleh Wakil Ketua Umum I PB Percasi Agustiar Sabran. 

Turut hadir Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya, Waketum PB Percasi Bidang Organisasi, Laksma TNI Abdul Rivai Ras, Ketua Panitia Asian Zone 3.3 Chess Championship sekaligus Ketua Bidang Luar Negeri, Dr. Dwi Hatmisari Ambarukmi (dr Poeng), Sekretaris Panitia sekaligus Sekretaris Jenderal PB Percasi Henry Hendratno, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Kristianus Liem, Ketua Bidang Humas Urry Kartopati dan pengurus lainnya.

Apresiasi

Meski Indonesia belum berhasil menjadi juara dan merebut tiket ke Piala Dunia, namun Utut Adianto merasa bangga dengan perjuangan para pecatur Indonesia yang berlaga di turnamen kali ini. 

"Hasil turnamen ini menunjukkan bahwa olahraga memang dilandasi sportivitas. Siapa yang kuat dialah pemenangnya, " ujar Utut.

Utut menekankan turnamen ini juga sebagai fundamen bagi para pecatur Indonesia dan Asia pada umumnya ke depannya. 

"Kita berharap  catur kawasan Asia ke depan semakin kuat, " ujarnya. 

Menurut Utut, Asia memiliki banyak atlet sangat kuat, karenanya dibutuhkan pelatihan yang tak putus.

Ditegaskan, bila tidak dimulai dari sekarang memberikan pelatihan yang baik, kesempatan pertandingan, dan membuat evaluasi terus-menerus, maka Indonesia akan tertinggal. 

"Siklus tiga hal tersebut harus kita lakukan terus menerus, jangan sampai terputus, " ujarnya. 

Asian Continental Chess Championship 2023

Sesungguhnya, Indonesia sudah mendapatkan dua tiket untuk mengikuti Piala Dunia Catur 2023, karena tim catur Indonesia termasuk dalam 50 peringkat negara dengan  kemampuan terbaik pada Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India.

Selain itu, Indonesia juga berpeluang menambah wakilnya di Piala Dunia 2023 melalui ajang seleksi di Asian Continental Chess Championship 2023 yang akan berlangsung di Kazakhstan pada Juni mendatang. PB Percasi berencana mengirim sebanyak 8 pecatur dengan rincian 6 pecatur putra dan 2 putri. Berbeda dengan di level Zona, di Asian Continental tersedia 6 tiket lolos ke Piala Dunia yaitu empat tiket di kelompok Open/Putra dan 2 tiket di kelompok putri. 

Utut mengucapkan terimakasih kepada PT Pertamina (Persero) dan PDAM yang telah memberikan dukungan dalam penyelenggaraan Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023. 

Senada dengan Utut, Wakil Ketua Umum I PB Percasi Agustiar Sabran juga mengapresiasi perjuangan GM Susanto Megaranto dan kawan-kawan. Agustiar mengatakan para atlet sudah berjuang maksimal, hanya saja keberuntungan belum berpihak pada mereka. 

"Hanya kurang beruntung saja. Tetapi mereka sudah berjuang secara maksimal. Semoga ke depan bisa meraih prestasi yang lebih baik," pungkas Agustiar Sabran.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])