Arab Saudi Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Nusantaratv.com - 25 November 2022

Tim nasional Arab Saudi memainkan pertandingan Piala Dunia pertamanya melawan Argentina. (SPA)
Tim nasional Arab Saudi memainkan pertandingan Piala Dunia pertamanya melawan Argentina. (SPA)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Arab Saudi tertarik menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Hal itu dikatakan Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal. 

Dikutip dari Arabian Business, Jumat (25/11/2022), Arab Saudi saat ini masih dalam proses menjadi host Piala Asia 2027. Sedangkan keputusan negara mana yang akan menjadi tuan rumah turnamen sepak bola negara-negara se-Asia itu akan dilakukan pada Februari tahun depan.

Pangeran Abdulaziz mengonfirmasi jika Saudi berminat menjadi tuan rumah tawaran Piala Dunia di masa depan. "Kenapa tidak? Siapa yang tidak ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia?" kata Pangeran Abdulaziz.

"Kami menyelenggarakan banyak acara di wilayah ini."

"Negara mana pun di dunia akan senang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Ini adalah turnamen yang luar biasa dan bagus bagi setiap negara untuk menjadi tuan rumah acara seperti itu," tambahnya.

Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di Amerika Utara, yakni Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Paling cepat Kerajaan bisa menjadi tuan rumah turnamen adalah pada 2030 dan belum ada negara tuan rumah resmi yang disebutkan.

"Kami perlu meningkatkan beberapa tempat kami," sebut Pangeran Abdulaziz kepada BBC.

"Kami memiliki banyak stadion yang memenuhi persyaratan yang kami butuhkan, tetapi menjadi tuan rumah acara semacam itu bukan hanya tentang stadion, ini tentang infrastruktur, orang-orangnya, tentang mempersiapkan semua orang untuk acara semacam itu," jelasnya.

Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz, Putra Mahkota Arab Saudi dan Perdana Menteri, bertemu dengan Giovanni Infantino, Presiden Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA), di sela-sela upacara pembukaan Piala Dunia, di Qatar, pada Minggu (20/11/2022).

Mereka membahas Arab Saudi yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, bersama Mesir dan Yunani.

Gairah sepak bola Arab Saudi berada pada titik tertinggi sepanjang sejarah setelah 'The Green Falcons' mengalahkan Argentina dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])