All England 2024: Jonatan dan Ginting Sukses Genggam Tiket Semi Final

Nusantaratv.com - 16 Maret 2024

Jonatan Christie berhasil menyingkirkan unggulan dua asal China, Shi Yu Qi di perempat final All England 2024. (Foto: Humas PBSI)
Jonatan Christie berhasil menyingkirkan unggulan dua asal China, Shi Yu Qi di perempat final All England 2024. (Foto: Humas PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sukses menggenggam tiket semi final All England 2024.

Kedua pebulu tangkis Merah Putih itu berhasil menumbangkan lawan mereka pada pertandingan di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Sabtu (16/3/2024) dini hari WIB.

Di babak perempat final, Jonatan berhasil menyingkirkan unggulan dua asal China, Shi Yu Qi, dengan skor 21-12. Shi memutuskan mundur di gim kedua karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan. 

"Bersyukur Puji Tuhan, senang bisa ke semifinal. Saya memberikan respek dan hormat kepada Shi Yu Qi yang bermain luar biasa minggu lalu. Tidak mudah mempertahankan kondisi dan performa di turnamen back to back, Shi Yu Qi coba melakukan itu sampai pertandingan tadi," kata Jojo, sapaan akrabnya, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Menurutnya, penampilan Shi pada gim pertama memang sedikit berbeda dari biasanya. Jojo menyoroti pergerakan kecepatan Shi yang tidak seperti performa sebelumnya.

"Saya sempat bertanya kenapa, dia tidak menunjuk satu titik, tapi semuanya, mungkin ada kelelahan yang amat sangat," sambung tunggal putra Indonesia ranking sembilan dunia itu.

Di semi final, Jojo akan ditantang wakil India Lakshya Sen. Kans tunggal putra Merah Putih itu untuk menembus parta puncak sangat terbuka. Berdasarkan statistik, dari tiga kali pertemuan, Jojo berhasil merebut dua kemenangan dari tunggal putra penghuni ranking 18 dunia itu.

Keduanya terakhir kali bertemu di ajang Japan Open 2023. Ketika itu, Jojo menang dalam pertandingan tiga gim (21-15, 13-21 dan 21-16) atas Sen.

Anthony Sinisuka Ginting (5) berhasil mengalahkan wakil Denmark Viktor Axelsen (1) di perempat final All England 2024. (Foto: Humas PBSI)

Sebelumnya, tunggal putra Anthony Ginting sukses membuat kejutan. Dia meruntuhkan unggulan satu asal Denmark, Viktor Axelsen, dalam duel tiga gim, dengan skor 8-21, 21-18 dan 21-19, dalam tempo 1 jam 9 menit.

Ginting mengungkapkan pertandingan melawan Axelsen berlangsung ketat dari awal hingga akhir. 

"Ini adalah salah satu pertandingan yang ketat dari awal sampai selesai. Meskipun sempat tertinggal, sempat unggul tapi kembali disamakan, lawan juga punya kualitas yang luar biasa jadi kejar-kejaran sampai akhir," kata Ginting.

Di semi final, tunggal putra Indonesia unggulan lima itu akan meladeni perlawanan wakil Prancis Christo Popov. Dari dua kali pertemuan, skor imbang 1-1. Popov pernah mengalahkan Ginting di ajang Indonesia Open 2021, dua gim langsung (21-17 dan 21-18).

Kemudian, Ginting membalas kekalahannya di ajang Denmark Open 2023. Ginting juga memang dua gim langsung (21-15 dan 21-15).

Adapun pencapaian Jonatan dan Ginting ini sekaligus menandai pertama kalinya terdapat dua tunggal putra Indonesia yang lolos ke empat besar turnamen BWF Super 1000 itu dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Kedua pemain tunggal putra itu yakni Taufik Hidayat dan Budi Santoso, yang menembus babak semifinal turnamen bulu tangkis tertua di dunia itu pada tahun 1999.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close