Aditya Bagus Arfan Kembali ke Jalur Kemenangan Kejuaraan Dunia Catur Remaja 2023 Italia usai Taklukkan Claudio Paduano pada Babak ke-7

Nusantaratv.com - 22 November 2023

Aditya Bagus Arfan (kanan) saat bertarung melawan Claudio Paduano pada babak ke-7/Foto: Kristianus Liem
Aditya Bagus Arfan (kanan) saat bertarung melawan Claudio Paduano pada babak ke-7/Foto: Kristianus Liem

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur binaan  PT United Tractors Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan (2415), berhasil kembali ke jalur kemenangan Kejuaraan Dunia Catur Remaja (World Youth Chess Championship) KU18 tahun di Montesilvano, Italia.

Hasil positif itu diraih Aditya usai menaklukkan wakil tuan rumah Kandidat Master Claudio Paduano 2188 pada babak ke-7, Senin (20/11).

Kemenangan ini melejitkan posisi Aditya dari urutan 23 ke urutan 13 dengan 5 poin hasil dari empat kali menang, dua kali remis dan satu kali kalah.

Bersama Aditya ada 13 pecatur lainnya yang sama-sama mengemas 5 poin di urutan 8 sampai 21 dari 134 peserta.

Puncak klasemen sementara KU18 dikuasai sendirian oleh pecatur Rusia yang bermain di bawah bendera FIDE MI Aleksey Grebnev dengan 6,5 poin. Diikuti enam pecatur lainnya di urutan 2-7 yang sama-sama mengemas 5,5 poin.

Sudah Unggul di Langkah ke-14

Memegang buah putih Aditya memainkan pembukaan hipermodern Reti, yang seolah-olah memberikan kesempatan lawan menguasai medan tengah. 

Baca juga: Aditya Bagus Arfan Ditahan Remis Pecatur Singapura MF Zhenyong Jayden Wong di Babak ke-6 Kejuaraan Dunia Catur Remaja 2023 Italia

"Saya merasa sudah unggul ketika menjalankan 14.Gc1," cerita Adit. 

Keunggulan semakin besar ketika Claudio merebut satu bidak Adit di petak H5. 

Kalah satu bidak tetapi serangan Adit di sayap-menteri sangat berbahaya karena bidak bebas Adit di lajur B  menuju petak promosi yang hanya dapat dicegah Claudio dengan mengorbankan kualitas. Claudio menyerah langkah ke-40.

KU18 diikuti 134 pecatur dari 69 negara. Sesuai pairing Aditya Bagus Arfan akan menghadapi FM Konstantin Popov 2345 (Rusia/FIDE) pada babak ke-8, Selasa (21/11/2023).

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close