3 Provinsi Bersaing Ketat jadi Tuan Rumah Kejurnas Catur 2023

Nusantaratv.com - 27 Februari 2022

Para pimpinan sidang pleno Munas PB Percasi 2022/ist
Para pimpinan sidang pleno Munas PB Percasi 2022/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) baru saja merampung kegiatan besar Musyawarah Nasional (Munas) dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum PB Percasi masa bakti 2022-2026 di Hotel Century Park Jakarta. 

Munas PB Percasi 2022 yang dibuka secara resmi oleh Menpora Zainudin Amali juga membahas pemilihan dan penetapan tuan rumah Kejurnas Catur dan Rakernas PB Percasi 2023. 

Ada tiga provinsi yang menyatakan kesiapannya untuk maju dalam bursa pemilihan (bidding) calon tuan rumah Kejuaraan Nasional (kejurnas) Catur Tahun 2023. Ketiga provinsi tersebut, antara lain, Gorontalo, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara. 

Pimpinan Sidang Pleno Munas Percasi 2022, Rusdi Taher kemudian memberikan kesempatan kepada masing-masing provinsi untuk memaparkan kesiapannya menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023.

Ketua Umum Pengprov Percasi Gorontalo, Syafrin Syaifi mendapat giliran pertama untuk memaparkan kesiapan daerahnya jadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. 

Syafrin Syaifi mengatakan Provinsi Gorontalo siap 100 persen untuk menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. Pihaknya telah menyiapkan infrastruktur yang representatif untuk penyelenggaraan dan tempat tinggal para peserta selama kejurnas. 

Bahkan Syafrin berjanji akan memberikan fasilitas akomodasi gratis sebanyak 25 persen untuk para atlet dari seluruh kontingen. 

"Pembangunan di Gorontalo sangat maju pesat. Kini kita punya 3 hotel bintang 4 dan sejumlah hotel bintang 3. Sangat cukup untuk menampung seluruh peserta dan ofisial," kata Syafrin.

Syafrin menegaskan pihaknya juga mendapat dukungan dan restu dari Gubernur, DPRD dan KONI Gorontalo. Bahkan kata Syafrin, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sangat ingin Gorontalo menjadi tuan rumah kejurnas berbagai cabor. Keinginan ini sejalan dengan misi Gorontalo menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 dengan Sulawesi Tenggara.

"Jadi keinginan kami untuk menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023 didukung oleh seluruh pemangku kepentingan di Gorontalo," tandas.

"Tentu kami sangat berharap keinginan kami ini dapat disetujui oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto dan seluruh peserta Munas Percasi 2022 ini. Kami sangat siap apalagi ini akan menjadi Kejurnas Catur pertama di Gorontalo," imbuhnya. 

Pada giliran berikut, perwakilan dari Pengprov Percasi Sulawesi Barat juga menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023.

"Kalau yang lain hanya siap. Kami siap banget menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023," ujar perwakilan Pengprov Percasi Sultra.  

"Sebelum berangkat ke Munas Percasi di Jakarta kami sudah menghadap ke Gubernur Sulawesi Tenggara. Beliau menyambut antusias usulan Pengprov Percasi Sulawesi Tenggara untuk maju sebagai calon tuan rumah Kejurnas Catur 2023. Bahkan beliau meminta kami untuk menyampaikan apa saja yang dibutuhkan untuk mensukseskan pencalonan Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. Beliau menyatakan akan menyediakan apa saja yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Kejurnas Catur 2023 di Sulawesi Tenggara," imbuhnya.  

Hal senada disampaikan perwakilan Pengprov Percasi Kalimantan Utara (Kaltara) yang mendapat giliran terakhir untuk menyampaikan kesiapannya menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. 

Dengan singkat, padat dan lugas, perwakilan Pengprov Percasi Kaltara menyatakan daerahnya benar-benar siap menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. 

Ditetapkan Pada Rakernas

Setelah mendapat masukan dari peserta Munas, Pimpinan Sidang Pleno Munas Percasi 2022, Rusdi Taher akhirnya memutuskan bidding tuan rumah Kejurnas Catur 2023 ditunda.

Disepakati agenda ini bakal ditentukan pada Rapat Kerja Nasional PB Percasi 2022 yang rencananya akan digelar di JIExpo Jakarta pada November 2022 mendatang. 

Sesuai usulan peserta Munas, akan dilakukan survei terlebih dahulu terkait kesiapan masing-masing provinsi calon tuan rumah Kejurnas Catur 2023. Survei meliputi kesiapan infrastruktur, akomodasi hingga penyerahan garansi bank sebesar Rp50 juta sebagai bentuk keseriusan provinsi calon tuan rumah. Untuk itu,  PB Percasi akan membentuk Tim Survei Calon Tuan Rumah Kejurnas Catur 2023. Selanjutnya, hasil survei akan dibawa ke Rakernas untuk dibahas dan diputuskan, Provinsi mana yang berhak dan layak untuk menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2023. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close