Saudi Idol untuk Pertama Kalinya akan Digelar pada Desember 2022

Nusantaratv.com - 02/10/2022 22:40

Para juri Saudi Idol/ist
Para juri Saudi Idol/ist

Penulis: Adrishta Riana

Nusantaratv.com - Arab Saudi semakin terbuka terhadap budaya kekinian yang tengah digandrungi masyarakat dunia. Pada Desember 2022 mendatang, untuk pertama kalinya akan menggelar Saudi Idol, program pencarian bakal waralaba Idol. 

Program televisi pencarian bakat tersebut merupakan kerja sama antara Badan Hiburan Umum (GEA) Arab Saudi dengan jaringan media raksasa lokal, MBC Group.

"Dengan bahagia saya mengumumkan sebuah kerja sama baru antara Badan Hiburan Umum Arab Saudi dan MBC Group untuk merilis program Saudi Idol," kata Gubernur GEA, Turki Al-Sheikh, dalam kicauannya pekan lalu.

Saudi Idol akan menghadirkan para juri yang berpengalaman, antara lain, Aseel Abu Bakr, penyanyi Ahlam, penyanyi Assala, dan Majid al-Muhandis.

"Tayangan program pertama akan dimulai Desember 2022," kata Al-Sheikh.

Pihak jaringan televisi MBC pun sudah mengumumkan pendaftaran peserta Saudi Idol ini dalam kicauan di Twitter. Mereka menantang publik Saudi yang merasa memiliki suara indah dan ingin bernyanyi untuk daftar acara ini.

Salah satu juri, penyanyi legendaris Arab Saudi, Aseel Abu Bakr, mengaku bangga bisa terlibat dalam acara pencarian bakat tersebut.

"Saya merasa terhormat bisa berpartisipasi dengan saudara-saudara saya, para seniman hebat, dalam program Saudi Idol untuk pertama kali menjunjung seni Arab Saudi, untuk menemukan talenta terkemuka yang dimiliki oleh negara ini," kata Aseel, mengutip CNNIndonesiacom.

ET Arab Saudi menyebut, Saudi Idol adalah program teranyar dari MBC Group yang sebelumnya sukses menggelar Iraq Idol pada 2021, alias Idol versi Irak dengan juri Hatem Al Iraqi, Rahma Riyad, dan Saif Nabil.

Jaringan waralaba Idol sebenarnya sudah pernah membuat Arab Idol yang rilis pada 2011 hingga 2017. Namun kompetisi ini berpusat di Beirut, Lebanon, dan menerima peserta dari seluruh jazirah Arab.

Sementara itu, Aseel Abu Bakr merupakan komposer Arab Saudi terkenal yang sudah berkolaborasi dengan banyak artis. Berbagai karyanya juga sudah dikenal luas di Arab Saudi.

Kemudian penyanyi Ahlam atau yang bernama lengkap Ahlam binti Ali bin Hazeem Al Shamsi merupakan penyanyi dan aktris asal Uni Emirat Arab. Sejak berkarier sejak 1995, ia telah merilis 14 album dan banyak hit di Timur Tengah.

Ahlam sendiri sebelumnya pernah terlibat menjadi salah satu juri dalam Arab Idol untuk musim pertama hingga keempat.

Sementara itu, Assala atau yang bernama lengkap Assala Mostafa Hatem Nasri adalah seorang penyanyi legendaris yang lahir di Damaskus, Suriah. Namun orang tuanya tinggal di Kairo, Mesir.

Telah berkarier sejak 1990, Assala sendiri telah menghasilkan puluhan album dan single yang populer di dunia musik pop Arab.

Juri terakhir, Majid Al Mohandis Al-Attabi adalah seorang komposer dan penyanyi campuran Irak-Arab Saudi. Sejak berkarier pada 1992, ia dikenal luas di Timur Tengah dengan gelar the Engineer of the Arabic song dan Voice of Diamond.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in