Mariana Utara Dilibas Indonesia 15-1, Seperti Apa Sih Sepakbola di Negara Ini?

Timnas U-16 Mariana Utara Dilibas Timnas U-16 Indonesia 15-1. Bagaimana sepakbola di Mariana Utara?
Mariana Utara Dilibas Indonesia 15-1, Seperti Apa Sih Sepakbola di Negara Ini?
Timnas sepakbola Mariana Utara

Jakarta, Nusantaratv.com - Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, jadi saksi bisu kekalahan telak Timnas U-16 Mariana Utara oleh Timnas U-16 Indonesia, Rabu (18/9/2019).

Dalam laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 ini, Marselino Ferdinan jadi bintang dengan sumbangan lima golnya.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-16 menjadi pemuncak klasemen sementara Grup G dengan raihan enam poin, unggul selisih gol dari China di posisi kedua. Pada laga selanjutnya, pasukan Bima Sakti akan menghadapi Brunei Darussalam, Jumat (20/9/2019).

Kemenangan besar Timnas Indonesia terhadap Mariana Utara 15-1 tentu saja membuat orang jadi bertanya-tanya bagaimana negara itu mengelola olahraga, utamanya Sepakbola?

Dalam beberapa catatan yang ada, Mariana Utara yang memang memiliki kedekatan dengan Amerika Serikat, jadi masyarakatnya lebih tertarik dengan Baseball ketimbang sepakbola.

Kepopuler Baseball di Kepulauan Mariana Utara datang berkat banyaknya tentara Amerika Serikat yang datang ke wilayah mereka saat Perang Dunia II. Selain beseball, basket juga menjadi olahraga populer lainnya di Kepulauan Mariana Utara. Sementara sepak bola hanya ada di urutan sekian, bahkan tak lebih populer dari mixed martial arts (MMA).

Sebagai negara kepulauan, Mariana Utara memang tak menomorsatukan sepakbola. Bahkan negara ini tidak ikut bergabung ke dalam organisasi FIFA.

Yang lebih memprihatinkan lagi, sepakbola Mariana Utara juga pernah mengalami masa-masa sulit yaitu, sempat mengalami kevakuman pada tahun 2002.

Saking kurang diperhatikannya dunia sepakbola, negara ini pun senantiasa mengalami kekalahan setiap kali bertanding melawan negara lain.

Kekalahan yang dialaminya pun tak tanggung-tanggung, selalu di atas 10. Seperti saat berlaga dengan Timnas Indonesia, pasukan Mariana Utara ini dipermalukan dengan skor 18-0. Peristiwa ini terjadi pada 16 September 2017.

Selang 2 tahun kemudian, Mariana Utara lagi-lagi kalah telak dengan Timnas U-16 Indonesia dengan skor 15-1.