Selandia Baru Siap Vaksinasi 5 Juta Warganya

Ardern menambahkan pembatasan perbatasan dapat dilonggarkan jika ada bukti bahwa vaksin mengurangi penularan.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan program inokulasi covid-19 negara itu akan dimulai pada 20 Februari 2021 mendatang. Jadwal ini lebih cepat dari yang disepakati dengan produsen vaksin Pfizer Biontech.

Tekanan meningkat kepada Jacinda Ardern untuk memulai vaksinasi bagi 5 juta warganya dalam upaya menghilangkan virus dalam negeri.

Selandia Baru dan negara tetangga seperti Australia secara resmi menyetujui vaksin yang dikembangkan bersama oleh pembuat obat Amerika Serikat Pfizer Inc dan Biontech Jerman. Australia mengatakan pihaknya mengharapkan untuk memulai inokulasi pada pekan terakhir Februari.

Ardern mengatakan program vaksinasi tidak akan berdampak langsung pada gelombang perjalanan Trans-Tasman yang terhenti. Australia dan Selandia Baru berharap untuk mengizinkan perjalanan bilateral pada akhir Maret tetapi wabah virus corona baru di Australia telah menghentikan rencana tersebut.

Ardern menambahkan pembatasan perbatasan dapat dilonggarkan jika ada bukti bahwa vaksin mengurangi penularan.

Nusantara Petang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 17.30 hanya di Nusantara TV

Login dengan
LIVE TV & NETWORK