Kata Mega Menteri Muda Atau Tua Baik, Asal..

Kata Mega Menteri Muda Atau Tua Baik, Asal..
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri ketika kunjungan ke China

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri turut mengomentari wacana menteri dari kaum muda yang disampaikan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Perempuan yang karib disapa Mega mendukung langkah Jokowi, asal menteri muda yang dipilih memiliki kapabilitas. Hal ini berlaku pula bagi menteri dari kalangan tua. 

"Ini yang saya lihat kelemahan kita dewasa ini. Orang disodor-sodorkan, tapi tidak mengerti secara praktis tata pemerintahan," ujar Mega dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7/2019). 

Menurut dia, di zaman Bung Karno atau Presiden pertama RI, pernah ada menteri muda, tapi pintar dan menguasai masalah. Karenanya ia menyarankan, siapapun menteri mendatang agar memahami tugas-tugasnya, seperti mengerti tupoksi DPR RI. Pasalnya di situlah tempat pembuat membuat undang-undang, bertemu dan mengawasi mitra kerja, hingga memutuskan RUU bersama pemerintah. 

"Kalau tidak tahu proses bikin perundangan, bagaimana? Dan saya suka bilang, (jadi menteri) memang mau mejeng saja? He-he. Saya tidak akan menyebut nama. Kita lihat, mereka-mereka yang tidak punya latar belakang di dalam proses menjalankan tata pemerintahan di republik ini, dia fail (gagal)," tuturnya.

Mega mencontohkan dirinya yang ketika masuk ke pemerintahan telah mempunyai pengalaman di DPR dalam membuat perundangan. Bekal tersebut penting, terutama bagi calon menteri. 

"Karena dia akan bingung sebenarnya dia mau bikin apa. Perundang-undangan enggak hafal," jelas Presiden ke-5 RI. 

Sebab itu, apabila ada wacana anak muda ingin jadi menteri, ia menyarankan agar pihak terkait menyiapkan diri dengan baik. (Rizk)