Jika Gabung Jokowi, Gerindra Bakal Lebih Untung

Jika Gabung Jokowi, Gerindra Bakal Lebih Untung
Pengamat politik Ray Rangkuti (RMOL)

Jakarta, Nusantaratv.com -Pengamat politik Ray Rangkuti menyarankan Gerindra bergabung dengan koalisi partai politik (parpol) pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di pemerintahan mendatang. Keputusan itu dinilai lebih menguntungkan parpol pimpinan Prabowo Subianto, ketimbang beroposisi.

"Kenapa? Pertama, sepanjang partai ini berdiri, belum pernah masuk ke pemerintahan dan satu-satunya partai yang belum menikmati kursi pemerintahan, ya Gerindra," ujar pengamat politik Ray Rangkuti dalam diskusi di Kantor Formappi, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Bukan hanya Gerindra, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf juga dinilai memperoleh keuntungan jika partai berlambang burung garuda itu bergabung. Untuk Gerindra, kata Ray parpol itu lebih leluasa mempersiapkan generasi selanjutnya dalam Pemilu 2024, jika masuk dalam koalisi.

"Tawaran itu bagi Gerindra sebenarnya menguntungkan. Regenerasi di lingkungan mereka tidak mandek, ini udah mulai generasi kedua gitu," kata Ray.

Mengacu pemetaannya, tokoh-tokoh yang diperkirakan maju dalam Pilpres 2024 ialah sosok generasi kedua dari tokoh senior. Karenanya Gerindra disarankan turut melakukan hal yang sama. 

"Sudah turun ke generasi kedua. Soekarno sudah ke Puan, SBY ke AHY lalu Amien Rais juga sudah turun ke anak-anaknya. Soeharto itu juga sudah Titiek lah sekarang yang agak baik. Kalau sampai mereka (Gerindra) tidak melakukan proses ini, 2024 mereka akan ketinggalan" tandas Ray. (Rizk)