Amien Rais: Bangsa Harus Bersatu, Beri Kesempatan Jokowi-Ma'ruf

Amien Rais: Bangsa Harus Bersatu, Beri Kesempatan Jokowi-Ma'ruf
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais

Jakarta, Nusantaratv.com -Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyerukan seluruh pihak menjaga persatuan bangsa. Kendati begitu, pihaknya akan mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin ke depan.

"Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma'ruf Amin dengan nanti lima tahun. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi," kata Amien di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Amien menilai, dalam pemerintahan dibutuhkan oposisi sebagai penyeimbang. Jika tak ada oposisi, demokrasi yang berjalan hanyalah demokrasi akal-akalan.

"Kalau demokrasi tanpa oposisi, itu demokrasi bohong-bohongan, demokrasi bodong. Jadi yang zaman dulu sampai sekarang ini demokrasi itu ada mekanisme checks and balances. Jadi eksekutif melangkah dengan macam-macan itu lantas yang mengecek dan balances itu parlemen. Kalau parlemen sudah menjadi tukang cap stempel, jadi jubir eksekutif, itu menjadi lonceng kematian bagi demokrasi," tutur Amien.

Amien menegaskan dirinya mendukung pertemuan tokoh bangsa usai Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Tapi, ia mengingatkan apabila pemerintahan tanpa oposisi.

"Kalau itu terjadi, kita nggak usah, seperti ada gempa bumi. Jadi yang seolah kursi suatu yang hebat itu saya kira belum paham kehidupan. Sekali lagi saya mendukung rangkulan bersama antara semua tokoh yang tadi berhadapan. Cuma, wanti-wanti saya, jangan coba menggelamburkan. Nanti kalau ada sesuatu yang kurang bagus (namun) nggak ada oposisi, nanti berubah jadi otokrasi sistem yang otoriter," tandasnya. (Rizk)