Penjelasan Mengunakan Jam Tangan Di Kiri Dan Di Kanan

penjelasan perbedaan mengapa lebih banyak orang menggunakan jam tangan di tangan kiri.
Penjelasan Mengunakan Jam Tangan Di Kiri Dan Di Kanan
Ilustrasi (foto: berita.co.id

Jakarta, Nusantaratv.com - Jam tangan merupakan penunjang untuk kelihatan tampil keren di muka umum.

Tapi ada yang perlu Anda perhatikan. Biasanya, dari sebagian orang menggunakan jam tangan berbeda-beda.
 

Ada yang menggunakan dari tangan sebelah kirinya dan ada juga menggunakan jam dari tangan sebelah kanannya. 

Pandangan tersebut berdasar pada pemikiran orang dengan tangan kanan atau tidak kidal. Itu karena mereka sebagian besar menggunakan tangan kanan.

Meski tak ada larangan untuk orang memilih menggunakan tangan kanan atau kiri dalam menggunakan jam, berikut ini penjelasan perbedaan mengapa lebih banyak orang menggunakan jam tangan di tangan kiri.

Jenis-jenis awal jam yang bisa dibawa ke mana-mana adalah jam kantong, dan kemudian muncul jam tangan yang dibuat khusus untuk wanita.

Kemudian pria menggunakan jam bukan untuk fesyen, melainkan untuk membatasi waktu di medan perang.

Tentara memerlukan informasi waktu dan karena tangan kanan mereka sibuk dengan senjata, mereka menggunakan jam di tangan kiri. Ini kemudian menjadi norma dan diteruskan berabad-abad.

Baik quartz dan jam mekanik, seringkali memiliki mahkota di sisi kanan dari angka, dan pengaturan waktu atau perputaran biasanya lebih mudah dengan desain ini.

Juga memasang pengait juga lebih mudah ketika jam di tangan kiri, karena tidak perlu susah payah memasangnya.

Menariknya, banyak orang dewasa yang akhirnya tidak punya ide tentang pergelangan mana yang sebaiknya digunakan. 

Banyak orang melihat orang dewasa dan meniru gaya mereka. Meskipun beberapa jam dirancang sebagai jam tangan untuk tangan kanan atau kiri, mereka bisa dengan mudah menggantinya di antara pergelangan.

Tapi secara kebiasaan, menyatakan bahwa orang cenderung menggunakan jam di tangan yang tak terlalu aktif, dan hal ini mempengaruhi banyak orang.

Saat orang memilih untuk menggunakan jam di tangan kiri, dilansir Abart, artinya mereka melindunginya dari benturan yang sering terjadi yang bisa merusak bagian jam, mengingat tangan kiri cukup jarang digunakan sehingga jam akan lebih aman.

Sementara mereka yang lebih banyak menggunakan tangan kiri atau kidal, akhirnya lebih sering menggunakan jam di tangan kanan. Orang yang sering menggunakan jam di tangan kanan seringkali dianggap non-konformis.

Tapi kembali lagi bahwa jam sebagai bagian fesyen bukan hanya sekadar penunjuk waktu, orang bisa bebas memilih tangan mana yang akan mereka gunakan untuk memasang jam tangan.

Dan sekali lagi, tidak masalah pergelangan mana, ini semua tentang gaya, kenyamanan, dan keinginan untuk menegaskan diri sendiri untuk melawan tradisi atau tren. Jadi gunakan jam di pergelangan yang paling sesuai untuk Anda.