Melihat Orang Kesurupan? bacakan Ayat Al-Qur'an Ini

Melihat Orang Kesurupan? bacakan Ayat Al-Qur'an Ini
Ilustrasi Orang kesurupan (foto: pondok ruqiyah)

Jakarta, Nusantaratv.com - Dapat dipastikan semua orang pasti pernah mendengar atau pernah melihat orang yang lagi kesurupan. Biasanya, orang kesurupan seperti orang gila, ling lung, tak tau apa yang sedang ada dalam fikirannya terus memberontak. Hal itu disebabkan karena jin atau makhluk halus sudah menyatu dalam raga kita. 

Namun, ada segelintiran orang yang tidak percaya atau mungkin masih ragu dengan hal ini. Keraguan ini memang bisa muncul, terlebih jika Anda menggunakan logika akal pikiran dalam menilai kesurupan. 

Bagaimana bisa tubuh manusia yang dikatakan paling kuat dibandingkan makhluk lain dirasuki makhluk halus yang tidak lebih kuat dari manusia.

Namun, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, kalau kesurupan memang ada dalam Islam. Hal itu bisa terjadi ketika iman seorang Muslim lemah. Selain itu, pernyataan kesurupan adalah ulah jin atau setan adalah fakta yang memang harus dipercaya.

"Kesurupan itu fakta. Kejadian itu benar terjadi karena ulah jin yang mencoba masuk menguasai korban kesurupan," terangnya pada Okezone melalui pesan singkat, dikutip Nusantaratv, Kamis (27/6/2019).

Ustadz Fauzan melanjutkan, untuk bisa mengatasi kesurupan, seorang Muslim bisa meminta pertolongan pada ahli rukiyah. Jadi, upaya mengeluarkan jin atau setan yang merasuki tubuh manusia adalah dengan membacakan ayat Alquran.

"Upaya pertolongan dari kesurupan bisa dilakukan oleh ahli rukiyah dengan membacakan ayat Alquran," sambungnya.

Kemudian, cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan membentengi diri dengan keimanan yang kuat pada Allah SWT. Cara yang bisa dilakukan itu ialah dengan membaca ta'awudz, ayat kursi, atau surat Al-Ikhlas.

Lantas, bagaimana bacaan ketiga doa tersebut?

Ta'awudz

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Surat Al-Ikhlas

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ