Ini Penjelasan Fabio, Gejala Dan Cara Menyembuhkanya

Ini Penjelasan Fabio, Gejala Dan Cara Menyembuhkanya
Ilustrasi (foto: Kumparan)

Jakarta, Nusantaratv.com -Pernah mendengar dengan sebutan Fabio? Jika belum stidaknya Anda harus searching mencari tau apa itu Fabio. Nah, sahabat kita, Nusantaratv akan sedikit mengulas tentang Fabio bisa diartikan ketakutan yang berlebihan, takut dengan bintang-binatang buas atau takut dengan ketinggian. 

Ternyata, Fabio juga sudah merambat kepada kepercayaan diri, seperti tak melihat orang ganteng dan orang cantik. Berikut penjelasan mengenai gejala dan penyembuhan Fabio yang dilansir Nusantaratv dari berbagai sumber. 

Fobia ini dijuluki Caligynephobia atau yang juga dikenal dengan Venusstraphobia atau Gynephobia. Tak hanya dialami oleh laki-laki, fobia ini juga kabarnya menyerang perempuan. 

Gejala

Gejala Caligynephobia dapat bervariasi pada setiap orang, tergantung pada tingkat ketakutanya, karakteristik individu, dan status mental. Secara keseluruhan, fobia ini memiliki gelaja yang harus diwaspadai.

Pasalnya mungkin penderita mampu mengalami kesulitan dengan lingkungan sosialnya. Seperti merasa tidak nyaman, gugup, bahkan tak mampu berbicara dengan wanita yang dirasa terlalu cantik.

Penyebab

Seperti halnya halnya dengan gejala, Caligynephobia dapat disebabkan oleh berbagai hal. Paling sering adalah trauma masa lalu.

Caligynephobia dapat muncul dari hubungan yang gagal. Ini dapat menyebabkan ketidakpercayaan pada wanita cantik, yang kemudian bisa berkembang menjadi ketakutan atau fobia terhadap mereka.

Tidak hanya itu, fobia ini juga bisa dikarenakan karena mengalami pelecahan pada masa kanak-kanak oleh wanita yang lebih tua.

Lebih lanjut, masalah dengan kepercayaan diri dan harga diri juga dapat mengakibatkan ketakutan pada wanita cantik. Orang-orang yang tidak menganggap diri mereka menarik, sering kali melihat wanita cantik berada di atas mereka. Mereka mengharapkan penolakan dan menghindari sumbernya yakni wanita cantik, yang menyebabkan ketakutan ekstre bagi mereka.

Tentu saja, ini bukan satu-satunya penyebab Caligynephobia. Fobia bisa menjadi kondisi aneh yang terjadi tanpa alasan. Sekali lagi, mereka disebut irasional karena suatu alasan. Seringkali, tidak ada tujuan, penyebab, atau pembenaran nyata bagi mereka.

Cara Penyembuhannya

Perawatan untuk fobia juga dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain. Tidak dapat cukup ditekankan bahwa fobia adalah kondisi berbasis psikologis. Oleh karena itu, karena tidak semua manusia sama persis, tidak setiap perawatan akan bekerja setiap saat. Namun, ada beberapa opsi perawatan umum yang dapat dipilih.

Pilihan pengobatan umum untuk fobia termasuk terapi kejut atau paparan, dan obat-obatan. Serta terapi perilaku kognitif untuk mengatasi ketakutan.

Pilihan pengobatan lain untuk fobia ini, termasuk terapi kelompok, kegiatan sosial yang juga sejalan dengan terapi pemaparan, peningkatan aktivitas dalam kehidupan berpacaran, aktivitas peningkatan harga diri, praktik interaksi sosial, dan banyak lagi.