Pemerintah Ingatkan Kemungkinan Letusan Lanjutan Sinabung

Pemerintah Ingatkan Kemungkinan Letusan Lanjutan Sinabung
Gunung Sinabung

Jakarta, Nusantaratv.com -Pemerintah Indonesia pada hari Senin (10/6/19) memperingatkan tentang kemungkinan letusan lebih lanjut dari gunung berapi aktif di pulau Sumatra setelah mengeluarkan banyak abu yang menyebabkan kepanikan di antara penduduk. 

 

 

Gunung Sinabung, yang telah mengalami lonjakan aktivitas sejak 2010, meletus sekitar sembilan menit pada hari Minggu, mengirimkan awan abu vulkanik 7 km (4,4 mil) ke langit. 

 

 Meskipun tidak ada korban yang dilaporkan, para pejabat yang memantau gunung berapi memperingatkan kemungkinan letusan baru.

 

 "Setelah letusan, dari tengah malam hingga pukul 6 pagi, ada beberapa gempa susulan," kata Willy, seorang ilmuwan di pos pengamatan Sinabung Melansir Reuters. 

 

Pihak berwenang tidak mengubah tingkat siaga untuk Sinabung, tetapi mendesak warga untuk menggunakan masker wajah dan menjaga di dalam ruangan untuk menjaga terhadap abu vulkanik. 

 

Gunung Sinabung, yang tingginya 2.460 m (8.071 kaki), adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, tetapi telah tidak aktif selama empat abad sebelum letusan 2010. Indonesia memiliki hampir 130 gunung berapi aktif, lebih banyak dari negara lain.(Cal)