Bank Indonesia Umumkan Suku Bunga Acuan Pada Level 5,50%

Bank Indonesia secara resmi menurunkan suku bunga acuan menuju level 5,50%.
Bank Indonesia Umumkan Suku Bunga Acuan Pada Level 5,50%
Rapat Dewan Gubernur BI usai mengumumkan penurunan suku bunga acuan/ Infobanknews

Jakarta, Nusantaratv.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) telah memastikan bahwa akan menurunkan suku bunga acuan 25bps menuju ke level 5,50%. Penurunan ini dilakukan BI pada saat kondisi ekonomi global yang masih belum pasti.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan bahwa kebijakan ini sejalan dengan rendahnya perkiraan inflasi di bawah titik rendah, serta mendorong langkah pembelian terlebih dahulu guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Sehingga mendukung stabilitas eksternal serta langkah preventif untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi ke depan dan dampak perlambatan global," ujar Perry di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Perry mengatakan bahwa perang dagang dan geopolitik saat ini menyebabkan penekanan terhadap pertumbuhan ekonomi global. Tercatat saat ini ekonomi Amerika Serikat mengalami keterlamatan pasca penurunan ekspor dan investasi nonresidensial.

"Pelemahan ekonomi global terus menekan harga komoditas termasuk harga minyak," kata Perry.

Sementara itu, nilai tukar rupiah masih terpantau sesuai dengan fundamentalnya sehingga mampu menopang ekonomi domestik.