Pemerintah Bidik Universitas Top Dunia Kolaborasi di Indonesia

Salah satu tantangan saat ini adalah di level universitas. Beberapa top universitas di Indonesia belum ada yang masuk dalam jajaran 300 besar dunia.
Pemerintah Bidik Universitas Top Dunia Kolaborasi di Indonesia
Pemerintah bidik universitas top dunia kolaborasi di Indonesia. (Dok. Humas Kemenperin)

Jakarta, Nusantaratv.comPemerintah terus mendorong peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kesiapan menyongsong era revolusi industri 4.0. 

Selain telah melakukan upaya strategis melalui program pendidikan dan pelatihan vokasi yang link and match dengan industri, pemerintah juga sedang membidik kolaborasi antara perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi top dunia.

"Salah satu tantangan saat ini adalah di level universitas. Beberapa top universitas di Indonesia belum ada yang masuk dalam jajaran 300 besar dunia," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu (25/8/2019). 

"Kami harapkan, beberapa univeritas unggulan di luar negeri mempunyai counterpart dengan beberapa universitas di Tanah Air. Sehingga mereka bisa menjadi top 100, setidaknya di level regional," tambahnya.

Airlangga mencontohkan, The University of Melbourne misalnya, bisa menjadi rekanan bagi universitas-universitas di Indonesia. "Melbourne University sekarang ada di peringkat ke-33 dunia, diharapkan dapat mendorong capacity building bagi sejumlah universitas yang ada di Indonesia," tukas Airlangga.