SDM Jadi Pendorong Utama Ekonomi Masa Depan

Menkeu Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa SDM merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menyongsong ekonomi di masa depan.
SDM Jadi Pendorong Utama Ekonomi Masa Depan
Menkeu Sri Mulyani Indrawati pada Dies Natali UMM, Malang/ Kemenkeu

Malang, Nusantaratv.com - Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah inti yang akan mendorong ekonomi ke depan dimana artificial intelligence (AI) dan cloud computing menjadi sesuatu yang sangat mendominasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Orasi Ilmiah pada rangkaian acara Dies Natalis ke-55 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan tema 'Menyongsong Indonesia Maju: Akselerasi Daya Saing Melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas SDM' di UMM Dome, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kini IKM Perlahan Menuju Era Digital

"Kalian belajar di universitas jangan hanya belajar di kelas, jangan hanya melihat text book, kalian juga harus memiliki wawasan kira-kira jenis skill seperti apa yang dibutuhkan di lapangan pekerjaan yang akan datang," kata Menkeu.

"Jadi it's not about memorizing tapi apakah pikiran intelektualitas kalian bisa berkembang menjadi manusia yang memiliki critical thinking, analytical thinking agar tidak menjadi korban teknologi. Dengan analythical thinking, critical thinking, creativity, leadership, emotional inteligence itu yang tetap akan dibutuhkan di masa yang akan datang," tambah Menkeu.

Menkeu meminta kepada kelompok intelektual akademisi seperti Universitas Muhammadiyah untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam menggunakan APBN untuk mempersiapkan SDM untuk mengisi dengan pengetahuan, mengisi dengan karakter yang baik dan memberikan value yang baik.

"Saya berharap Universitas Muhammadiyah akan menjadi salah satu universitas yang memberikan solusi bagi persoalan republik Indonesia. Saya ingin mengatakan kepada kalian semua sebagai generasi muda yang akan memegang estafet meneruskan perjalanan Republik Indonesia ke depan. Anda jangan pernah lelah mencintai Indonesia," ungkap Menkeu.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0