Dari Seorang Wartawan Kini Nasibnya Berubah Jadi Jutawan

Kisah ini mengajarkan tentang arti dari kerja keras dan berani mencoba hal baru
Dari Seorang Wartawan Kini Nasibnya Berubah Jadi Jutawan
Ilustrasi usaha laundry/ magazine.job-like.com

Depok, Nusantaratv.com - Salah seorang mantan wartawan, Andry Tri Kurniadi banting stir menjadi pengusaha dibidang laundry dengan total lima cabang yang tersebar di Depok, Jawa Barat.

"Awalnya dulu kegiatan saya hanyalah liputan sebagai wartawan. Dulu saat saya piket Lebaran itu susah cari foto berita ekonomi. Akhirnya saya cari alternatif lain dengan berkeliling. Tiba-tiba di Cempaka Putih saya lihat ada laundry kiloan. Awalnya dari situ," kata Andry seperti dilansir Kompas.com, Selasa (11/6/2019).

Saking tertariknya dengan dunia bisnis dan UMKM, dia juga terinspirasi dengan perkataan temannya saat dia hendak menjual mobil untuk modal sewa tempat di sebuah pasar. Awalnya, dia ingin berjualan baju, bukan laundry seperti yang saat ini digeluti.

"Kemudian teman saya tanya, "Kalau mau jualan baju seberapa sering beli baju?". Nah, saya beli baju sebulan sekali saja jarang, mungkin hanya tiap lebaran. Teman saya bertanya lagi, "Seberapa sering cuci baju?". Kalau cuci baju saya lakukan tiap hari. Ya, itu jawabannya. Sesederhana itu," kata Andry.

Dari situ akhirnya Andry mulai menggeluti usaha laundry. Dia menggeluti dua pekerjaan sekaligus, yaitu menjadi koordinator liputan maupun redaktur foto sambil menekuni usaha laundrynya. Tiga tahun setelah membangun bisnis, Andry memutuskan resign dari kantor.

Sembilan tahun berjalan, saat ini Andry telah memiliki 5 cabang di daerah Depok dengan 25 karyawan dengan total omzet ratusan juta rupiah. Satu cabang bekerjasama dengan hotel, dan cabang lainnya bekerjasama dengan usaha laundry lain.

Masalah harga, nilai keekonomian bisnis laundry-nya tergolong murah. Sebab, Andry membandrol one day service Rp 7.500 per kilo, yang biasanya laundry lain dibandrol dengan harga Rp 15.000 - Rp 17.000. Sementara untuk karpet, dia membandrol Rp 12.000 per meter.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0