Bangun Ekosistem Perfilman, Bekraf dan YCCIF Gagas LOCK

Bekraf bekerja sama dengan YCCIF menggagas LOCK guna memajukan industri perfilman nasional.
Bangun Ekosistem Perfilman, Bekraf dan YCCIF Gagas LOCK
Laboratorium Olah Cerita dan Kisah (LOCK)/ Bekraf

Jakarta, Nusantaratv.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama Yayasan Cipta Citra Indonesia Foundation (YCCIF) menggagas Laboratorium Olah Cerita dan Kisah (LOCK) sebagai salah satu upaya Bekraf membangun ekosistem perfilman yang lebih baik.

"Bekraf memiliki tanggung jawab untuk mendukung perkembangan film nasional khususnya dalam hal peningkatan kapasitas SDM para film maker nasional sehingga bisa bersinergi baik lokal maupun intenational menciptakan produk-produk film berkualitas," ujar Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky J. Pesik saat membuka kegiatan LOCK di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Kegiatan ini berlangsung pada 19-28 Agustus 2019 di Jakarta dan diikuti sebanyak 11 proyek film dengan 26 peserta yang telah dikurasi. Selama 10 hari kegiatan, peserta mendapatkan mentoring langsung dari mentor internasional.

Laboratorium ini dibagi menjadi dua Lab, yaitu Editing Lab dan Story Development Lab. Editing Lab memungkinkan peserta untuk mempresentasikan hasil proyek film yang telah mereka buat dan masih dalam proses editing tahap awal. Dilanjutkan dengan proses review dan sesi konsultasi langsung dengan mentor untuk memperoleh masukan agar narasi bisa lebih terstruktur.

Sedangkan Story Development Lab, tim dalam kategori ini akan mendiskusikan ide cerita mereka dalam 3 sesi atau tahapan, yaitu plenary presentation and discussions, peer consultation in smaller groups dan individual consultation sessions. 

Dengan lab ini diharapkan pengembangan cerita dari masing-masing proyek dapat semakin matang dan pesan yang ingin disampaikan melalui proyek film tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada penontonnya.

“YCCIF mengidentifikasi kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan storytelling bagi para pembuat film Indonesia sehingga mereka selalu menggali potensi baru dan meningkatkan kualitas karya mereka agar sesuai dengan kebutuhan industri yang berkembang pesat, untuk itu kami bersama Bekraf menggagas LOCK sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut” kata Co-Founder YCCIF, Meiske Taurisia.

Dengan adanya program ini, Bekraf berharap dapat membantu memperkuat ekosistem perfilman khususnya pada penguatan kapasitas SDM film nasional sehingga bisa mendorong keberagaman dan kualitas perfilman nasional.