Panorama Eksotis Lengkapi Tiga Venue PON 2021 Papua

Tiga venue PON 2021 Papua berada kaki Gunung Cycloop seluas 40.863 meter persegi

Venue PON 2021 Papua / Foto: Jubi

Nusantaratv.com - Arena cabang olahraga panahan untuk pertama kalinya hadir di Bumi Cenderawasih setelah resmi terpilih untuk menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021.

Menariknya, arena cabor panahan yang berada di kawasan kompleks olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura berdiri di tanah lapang dengan panorama eksotis tepat di kaki Gunung Cycloop seluas 40.863 meter persegi.

Tercatat, venue ini dibangun dengan luas 1.217 meter persegi dan memiliki luas lapangan bertanding sekitar 10.100 meter persegi serta dilengkapi dengan lapangan latihan seluas 8.207 meter persegi.

Kehadiran venue yang dibangun sepaket dengan cabor dayung dan sepatu roda tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Tiga venue yang pengerjaannya menelan anggaran senilai Rp116,583 miliar langsung ditangani oleh Kementerian PUPR dengan menggandeng PT Nindya Karya (Persero) dan ditargetkan rampung pada April 2021.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan venue olahraga PON 2021 Papua dilaksanakan mulai dari tahap desain, pembangunan, dan pengawasan.

"Diharapkan terselesaikannya venue PON tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan warga Papua saja, namun juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," kata Basuki dikutip Jubi.

"Hal ini juga diharapkan dapat mendorong para anak muda, khususnya atlet-atlet Papua, lebih semangat dan berprestasi menjadi juara, baik di kancah nasional maupun internasional," sambungnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, optimistis perhelatan PON 2021 Papua bisa berjalan sukses, sebab venue yang disiapkan bertaraf internasional.

"Sekarang kita sudah bangun semua venue berstandar internasional. Kita siap menjadi tuan rumah yang baik kepada semua peserta dari seluruh provinsi di Indonesia," jelasnya.

"Tujuan kita bangun venue dengan standar Internasional ini juga tak hanya untuk penyelenggaraan PON, tapi bisa menjadi tuan rumah iven Asia bahkan Olimpiade tahun 2032," pungkasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK