XPeng China Klaim SUV G9 Punya Sistem Pengisian Daya Tercepat di Dunia

Nusantaratv.com - 22/09/2022 15:59

Mobil listrik XPeng G9 diklaim punya sistem isi ulang baterai tercepat di dunia. (Gizmochina)
Mobil listrik XPeng G9 diklaim punya sistem isi ulang baterai tercepat di dunia. (Gizmochina)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Produsen mobil listrik asal China, XPeng, baru-baru ini merilis kendaraan andalan mereka, yakni XPeng G9, untuk pasar dalam negeri.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (22/9/2022), jajaran SUV (sport utility vehicle) G9 generasi keempat ini memiliki tiga seri dengan konfigurasi jarak tempuh berbeda. 

Modelnya adalah RWD 570G, RWD 570E, RWD 702E, 4WD Performance 650E, 4WD Performance 650X, dan Launch Edition 650X. Jajaran produk ini menampilkan kendaraan listrik dengan pengisian daya tercepat di dunia dan dibangun di atas platform 800V pertama yang produksi secara massal di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Model 4WD Performance 650E dan 650X dilengkapi dengan sistem suspensi udara dual-chamber. Selain kemampuan pengisian cepatnya, G9 dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System skenario penuh pertama di industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV). 

Pengalaman berkendara lebih ditekankan oleh sistem suspensi udara dual-chamber dan kabin mewah yang mampu menghadirkan musik tingkat 5D dan infotainment secara keseluruhan. 

SUV G9 mencerminkan desain yang elegan, perpaduan dari banyak inovasi teknologi dan hadir setelah 8 tahun pengembangan dan pengujian yang ketat. XPeng bertujuan untuk melihat G9 sebagai benchmark baru untuk smart electric car daalam mengejar teknologi otonom sepenuhnya. 

Sistem powertrain baru G9 menawarkan kemampuan supercharging yang dapat memberikan jangkauan mengemudi hingga 200 km dengan pengisian daya hanya lima menit. Sedangkan pengisian penuh memakan waktu kurang dari 30 menit, yang merupakan terobosan unggulan. 

XPeng juga dengan cepat memperluas jaringan stasiun pengisian dayanya di seluruh China untuk melayani bahkan kendaraan listrik pihak ketiga dengan infrastruktur pengisian daya yang mumpuni.

Jajaran G9 menawarkan jangkauan maksimum 702 km dari kelas SUV, sedangkan yang terendah adalah 460 km, yang juga layak untuk perjalanan perkotaan. Model ini menerapkan kombinasi teknologi untuk membuat jangkauan yang dapat digunakan hingga 10 persen lebih tinggi dari mobil listrik lainnya.

Bicara harga, G9 dibanderol dengan kisaran 309.900 yuan (sekitar Rp656,9 juta) dan 469.00 yuan (sekitar Rp996,1 juta) untuk pasar China. XPeng mengungkapkan pengiriman pertama kendaraan listrik tersebut diharapkan pada Oktober mendatang. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in