Titik Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik di China Pertahankan Ekspansi Stabil pada Agustus 2023

Nusantaratv.com - 12 September 2023

Kendaraan listrik membutuhkan stasiun pengisian daya karena baterai kendaraan listrik akan habis seiring waktu. (Istimewa/Tara Energy)
Kendaraan listrik membutuhkan stasiun pengisian daya karena baterai kendaraan listrik akan habis seiring waktu. (Istimewa/Tara Energy)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Titik stasiun pengisian daya kendaraan listrik (electric vehicle/EV) baru untuk umum di China mempertahankan ekspansi yang stabil pada Agustus 2023. 

Menurut Aliansi Promosi Infrastruktur Pengisian Daya Kendaraan Listrik China (China Electric Vehicle Charging Infrastructure Promotion Alliance/EVCIPA), sekitar 61.000 titik stasiun pengisian daya kendaraan listrik umum ditambahkan bulan lalu, meningkat 39,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Melansir Xinhua, Selasa (12/9/2023), dari September 2022 hingga Agustus 2023, rata-rata sekitar 54.000 titik stasiun pengisian daya kendaraan listrik baru dibangun setiap bulannya.

Pesatnya pertumbuhan stasiun pengisian daya kendaraan listrik ini sejalan dengan meningkatnya permintaan kendaraan energi baru (New Energy Vehicle/NEV) di Negeri Tirai Bambu itu.

Berdasarkan rencana kerja yang diumumkan pada awal September terkait langkah terbaru dalam meningkatkan pengembangan kendaraan energi baru, China mengatakan pihaknya menargetkan penjualan kendaraan energi baru menjadi 9 juta unit pada tahun ini, atau meningkat 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Diketahui, China menjual sekitar 6,89 juta kendaraan energi baru pada 2022, atau naik 93,4 persen secara tahunan (year on year/YoY). Pangsa pasar kendaraan energi baru di pasar otomotif China mencapai 25,6 persen pada 2022, atau naik 12,1 persen dibandingkan pada 2021.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])