Tampil 'Pede' di Mandalika, Modal Positif Alex Rins dan Joan Mir Tatap MotoGP Argentina

Nusantaratv.com - 21 Maret 2022

Pembalap Team Suzuki Ecstar siap tatap MotoGP Argentina. (suzuki-racing.com)
Pembalap Team Suzuki Ecstar siap tatap MotoGP Argentina. (suzuki-racing.com)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perhelatan MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sukses dihelat pada 19-20 Maret.

Kendati jalannya balapan sempat ditunda sekitar 1 jam 15 menit, namun pembalap terlihat sangat antusias mengikuti Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia itu. Pembalap Team Suzuki Ecstar, yakni Alex Rins dan Joan Mir dapat menyelesaikan balapan dengan hasil akhir yang memuaskan dan bersiap untuk memberikan hasil yang lebih baik di seri MotoGP selanjutnya.

Terlepas dari persiapan yang menegangkan dan kondisi yang kurang optimal, Alex Rins dan Joan Mir memulai balapan dengan sangat baik yang semula balapan dijadwalkan 27 lap, namun dipersingkat menjadi 20 lap

Pada awal start balapan, Alex Rins langsung berada di persaingan perebutan podium, kemudian Joan Mir mengawali start dengan baik dan dengan kepiawaiannya mengambil alih posisi 9 balapan. Dengan 17 Lap tersisa, Alex Rins naik ke posisi ketiga. Meskipun terdapat jarak dengan dua pembalap teratas, Alex Rins tetap percaya diri dan terus memacu motornya. 

Sementara itu, Joan Mir berada di posisi keenam yang menjanjikan. Menghindari kesalahan di sirkuit yang masih basah akibat hujan merupakan kuncinya. Di lap pertengahan balapan, Alex Rins mulai kehilangan posisi podium namun dia dapat membuat keputusan yang baik untuk mengamankan posisi kelima pada situasi tersebut.  Keputusan yang sama juga diambil Joan Mir. Dia berada di posisi keenam sampai dengan balapan di Sirkuit Mandalika ini berakhir.

"Untungnya kami bisa memulai balapan dengan baik. Saya sangat khawatir dengan kondisinya dan tidak tahu apakah itu bisa dilanjutkan. Itu adalah balapan yang sulit, saya membuat awal yang baik dan mencoba segalanya untuk naik podium, tetapi setelah beberapa moment besar di bagian depan saya mencoba untuk tenang dan menjadi lebih halus," ungkap Alex Rins.

"Ketika (Johann) Zarco dan (Fabio) Quartararo melewati saya, saya melihat jika mereka memiliki kecepatan yang lebih baik daripada saya, dan saya menyadari jika saya tidak dapat berbuat lebih banyak tanpa risiko besar. Jadi, saya mengambil tempat kelima, yang tidak buruk untuk balapan yang sulit dan akhir pekan yang sulit di mana saya berjuang dengan kondisi fisik saya. Saya senang mendapatkan poin dan saya ingin melanjutkan dengan konsistensi," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Joan Mir. Dia mengaku senang dengan performa dirinya ketika berlaga di Sirkuit Internasional Mandalika. "Saya mulai dari belakang grid dan selesai dekat dengan grup teratas. Pada akhirnya saya bisa mendapatkan perasaan yang lebih baik dengan motor yang memungkinkan saya untuk menjadi lebih cepat. Kami telah bekerja keras sepanjang akhir pekan dan kami telah menemukan beberapa peluang, meskipun di awal kami berencana menggunakan pengaturan untuk lintasan kering," jelas Joan Mir. 

"Pada balapan hari ini saya sedikit kesulitan untuk menghentikan motor, tetapi saya bisa memulai dengan baik dan mempertahankan posisi yang layak. Sangat disayangkan bagi saya bahwa itu dipersingkat menjadi 20 lap, karena saya mulai merasa lebih baik saat balapan berlangsung. Bagaimanapun, kami mengumpulkan beberapa poin dan ini masih awal. Kami menuju ke seri selanjutnya, Argentina. Dan mari kita lihat bagaimana kami bisa tampil di sana, kami berharap untuk membangun kekuatan kami," tambah Joan Mir.

Sementara itu, Team Manager, Livio Suppo mengatakan kedua pembalap sudah menunjukkan kecepatan yang baik meskipun dalam kondisi yang sangat sulit. "Kuncinya adalah menyelesaikan balapan dan membawa pulang poin, dan itulah yang dilakukan Alex Rins dan Joan Mir. Ini adalah pertama kalinya kami di sini, dan kami senang balapan dapat berlangsung di depan semua penonton. Kami masih di awal musim, dan saya menganggap bahwa kami bisa bahagia dan bergerak maju dengan positif," cetus Livio Suppo.

Sedangkan Technical Manager Ken Kawauchi mengaku balapan ini sangat sulit karena banyak faktor, seperti kondisi trek, cuaca, dan juga masalah yang dialami dengan set-up. "Akhirnya pembalap kami mendapat posisi kelima dan keenam, yang tidak buruk dan kami menganggapnya sebagai tanda positif untuk balapan berikutnya. Kami tidak terlalu jauh dari podium hari ini, dan semoga kami akan segera berada di sana. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua tim atas kerja keras mereka di sini," tukas Ken Kawauchi.

Hasil MotoGP 2022 Mandalika:

1. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) - 33 menit 27,223 detik
2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
3. Johann Zarco (Pramac Ducati)
4. Jack Miller (Ducati)
5. Alex Rins (Suzuki)
6. Joan Mir (Suzuki)
7. Franco Morbidelli (Yamaha)
8. Brad Binder (Red Bull KTM)
9. Aleix Espargaro (Aprilia)
10. Darryn Binder (RNF Yamaha)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close