Risiko Terbakar, 8.779 Hyundai Santa Fe Kena Recall

Nusantaratv.com - 03/10/2022 09:54

Setidaknya 8.779 unit Hyundai Santa Fe terkena dampak recall di Australia. (Drive)
Setidaknya 8.779 unit Hyundai Santa Fe terkena dampak recall di Australia. (Drive)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hyundai Australia melakukan penarikan kembali (recall) terhadap 8.779 unit Hyundai Santa Fe.

Penarikan tersebut dilakukan karena adanya cacat produksi yang dapat mengakibatkan kebakaran kendaraan. Dikutip dari Drive, Senin (3/10/2022), kendaraan yang terkena dampak recall merupakan produksi 2015-2017. 

Penarikan tersebut mempengaruhi lebih dari sepertiga dari 22.568 Santa Fe yang dijual Hyundai di Australia antara 2015 dan 2017.

"Karena cacat manufaktur, papan sirkuit di modul sistem pengereman anti-lock (ABS) mungkin mengalami korsleting saat komponen terkena uap air,"  demikian pemberitahuan recall yang diajukan Departemen Infrastruktur dan Pembangunan Regional Australia.

Disebutkan jika ini bisa mengakibatkan kendaraan terbakar bahkan ketika kendaraan dimatikan. Sedangkan hubungan pendek tidak mempengaruhi fungsi sistem rem.

"Kebakaran kendaraan dapat meningkatkan risiko cedera serius atau kematian bagi penumpang kendaraan, pengguna jalan lain dan orang yang melihat, dan/atau kerusakan properti," lanjut pemberitahuan recall itu.

Hyundai Australia mengatakan kendaraan yang terkena dampak recall harus diparkir di ruang terbuka dan jauh dari bahan maupun struktur yang mudah terbakar, yakni tidak di garasi.

"Jika kendaraan Anda menampilkan lampu peringatan mesin, harap berhenti mengemudi dan hubungi diler Hyundai setempat," ujar Hyundai Australia.

Sementara itu, pemilik kendaraan yang terkena dampak akan dihubungi pihak Hyundai Motor Company Australia secara tertulis, dan meminta mereka untuk membuat janji dengan diler resmi Hyundai pilihan mereka agar komponen diperiksa dan diperbaiki tanpa dikenakan biaya.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in